Begini Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa Agar Tak Mengganggu Ibadahmu

Author : admin Category :gaya hidup June 14, 2016

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa – Perubahan pola makan saat puasa juga turut mempengaruhi sistem pencernaan. Masalah yang kerap terjadi adalah sembelit. Hal itu terjadi lantaran kurangnya makanan makanan berserat baik saat buka puasa ataupun saat sahur. Selain itu kekurangan cairan juga dapat menimbulkan sembelit. Meski hal itu adalah masalah yang normal terjadi, jangan sampai mengganggu ibadah puasamu lho ya. Ada beberapa cara agar kamu bisa terhindar dari rasa sembelit saat berpuasa.

42-34992807

Untuk mengatasi sembeli saat puasa, perhatikan menu sahurmu. Perbanyak makanan makanan berserat seperti sayur sayuran, roti gandum, apel, kurma,kacang kacangan dan lain sebagainya. Selain itu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik ketika berpuasa dengan cara memperbanyak air putih ketika sahur. Dalam sehari setidaknya tubuh memerlukan 8 sampai 9 gelas air. Ada baiknya kamu menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi karena bisa menyerap cairan tubuh. Sahur dengan oatmeal dicampur dengan buah kurma adalah menu terbaik untuk menghindari rasa sembelit. Selain makanan makanan tersebut, ada sebuah resep minuman yang bisa mengatasi sembelit. Berikut cara membuatnya

Bahan

  1. baking soda murni 1 sendok makan
  2. jeruk nipis 1 sendok makan
  3. air panas 1 gelas

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan dalam sebuah wadah.
  2. Aduk aduk sampai rata, lalu minum

Bahan bahan makanan diatas, mampu membersihkan pencernaan yang tertumpuk kotoran makanan. Dengan demikian usus besar akan bersih sehingga sembelit hilang serta BAB lancar.

Nah itulah cara mengatasi sembelit saat puasa. Namun perlu kamu ketahui, rasa sembelit ini disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk itu akan lebih baik jika kamu memperbaiki gaya hidup secara keseluruhan. Nutrisi makanan yang pas, olahraga teratur dan istirahat cukup adalah trilogy gaya hidup sehat. Selain itu kondisi mental juga bisa berpengaruh. Stres bisa menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya sembelit. Untuk itu perhatikan juga kondisi mentalmu, jika stres melanda lakukan berbagai cara agar kondisi emosional normal kembali. Nah demikian tak ada lagi yang akan mengganggu ibadah puasamu. Happy Fasting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *