Deretan Makanan Enak Tapi Tidak Bikin Gemuk Dan Sekaligus Mengenyangkan

Author : admin Category :diet April 20, 2016

Makanan makanan enak tapi tidak bikin gemuk tentu banyak dicari orang. Yap, diantara kita pasti ada yang khawatir ketika menyantap makanan makanan lezat karena umumnya memiliki kalori yang tinggi. Hal itu tentu dihindari karena bisa membuat berat badan naik seketika. Untuk itu carilah makanan makanan yang berserat dan kaya akan protein. Dengan demikian perut akan terasa kenyang. Lantas apakah ada makanan yang enak, mengenyangkan dan tidak bikin gemuk.

Makanan Enak Tapi Tidak Bikin Gemuk

Makanan Enak Tapi Tidak Bikin Gemuk

1. Telur
Bahan makanan yang satu ini kerap hadir di menu kita sehari hari bukan? Telur adalah sumber protein dan mengandung 9 asam amino esensial. Kesembilan asam amino itu dapat memicu melepasnya hormon dalam usus sehingga akan menekan rasa lapar. Akan tetapi, pengolahanya jangan digoreng cukup direbus saja. Selain itu hindari bagian kuningnya karena mengandung lemak yang cukup tingi.

2. Sup Kacang Merah
Makanan enak tapi tidak bikin gemuk selanjutnya adalah sup kacang merah. Segala jenis kacang kacangan adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Kacang merah juga kaya akan serat sehingga akan membuat perut kenyang. Setiap mangkuk sup kacang merah setidaknya mengandung 150 kalori. Jika tidak suka dengan sup, kamu bisa mencampurnya kedalam salad.

3. Gado gado atau lotek
Kedua makanan ini terbuat dari aneka sayuran dan disiram dengan bumbu kacang. Sayur sayuran dikenal sebagai makanan yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Tapi sebaiknya jangan dimakan dengan krupuk karena mengandung lemak berlebih. Cukup lotek ditambah beberapa iris lontong saja.

4. Pecel Bumbu kacang
Mirip dengan makanan sebelumnya, panganan yang satu ini juga mengandung banyak nutrisi namun rendah lemak sehingga tak membuatmu gendut. Sekali lagi jangan menambahkan kerupuk, rempeyek ataupun gorengan gorengan lain.

5. Oatmeal
Sebagian besar orang terutama orang Indonesia merasa eneg ketika makan oat meal. Tapi cobalah kamu makan dengan cara yang berbeda. Campur 4 sendok oatmeal dengan susu rendah lemak, kurma dan sejimpit bubuk kayu manis. Simpan dalam lemari es dan makan keesokan harinya. Selain rasanya yang enak, oatmeal mengandung serat tinggi sehingga mengenyangkan.

6. Greek Yogurt
Sebuah penelitian mengungkapkan yogurt merupakan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Bakteri baik yang terkandung didalamnya akan menyempurnakan sistem pencernaan kamu. Selain itu yogurt juga kaya akan protein serta gula lebih sedikit.

7. Roti Gandum
Siapa bilang mengkonsumsi roti bisa bikin gendut? Pilihlah roti gandum sebagai pengganti sarapan atau makan malamu. Roti jenis ini memiliki serat tinggi yang bisa menahan rasa lapar. Selain itu roti gandum adalah jenis karbohidrat komplek seperti beras merah. Untuk mengkonsumsinya kamu bisa menambahkan selai, tapi pilihlah selai kacang.

8. Daging sapi
Daging sapi juga merupakan sumber protein. Tapi pilihlah daging sapi pilihan yang tidak mengandung lemak. Dan untuk pengolahanya hindari dengan cara digoreng.

8. Apel
Untuk buahnya kamu bisa mengkonsumsi apel. Apel mengandung serat tinggi tapi rendah kalori. So, ketika rasa lapar tiba tapi belum masuk jam makan, cobalah mengkonsumsi apel untuk mengatasinya. Kamu juga bisa menambahkan potongan apel kedalam oatmeal atau bisa juga membuatnya menjadi jus dengan catatan tidak menggunakan gula berlebih.

Itulah deretan makanan enak tapi tidak bikin gemuk/gendut. Jadi saat menjalani program diet, bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi makanan enak. Yang paling penting adalah menjaga asupan kalori yang masuk kedalam tubuh. Normalnya, setiap orang membutuhkan kurang lebih 2000 kalori per harinya (tergantung aktitvitasnya). Untuk itu saat diet jagalah asupan kalori antara 900 hingga 1300 kalori. Untuk mengoptimalkanya kamu bisa meminum minuman perut rata atau yang disebut sassy water seperti yang kami ulas sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *