Ini Perbedaan Batik Mahal Dan Murah Agar Tak Bingung Lagi

Author : admin Category :fashion October 12, 2016

Perbedaan Batik Mahal Dan Murah – Di bulan oktober ini masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Dari anak sekolah, karyawan swasata hingga kantor negeripun diwajibkan untuk menggunakan baju batik. Tak heran jika toko toko batik memberikan diskon besar besaran. Seringkali pertanyaan harga batik yang selangit hingga ratusan ribu rupiah muncul ke permukaan. Sementara di pasar kita bisa mendapatkan batik dengan harga Rp 50 ribu. Lantas apa sih bedanya baik 50 ribuan dengan batik 500 ribuan? Untuk itu siputnews akan memberikan ulasanya dibawah ini.

ini-perbedaan-batik-mahal-dan-murah-agar-tak

Perbedaan batik mahal dan murah Yang Harus Kamu tahu

1. Metode Pembuatanya

Batik mahal dibuat dengan teknik tradisional yang dengan metode tulis. Motif pada batik yang indah bukanlah dihasilkan dari mesin cetak melainkan dari sentuhan tangan pengrajin batik. Prosesnya pun tidak mudah mulai dari menyiapkan malam, perapian, celupan batik dan segala peralatan lainya. Tak heran jika harganya melambung tinggi bahkan lebih mahal dari bahan bakunya sendiri.

Sementara itu batik murah yang dijual Rp 50 ribuan dibuat dengan mesin. Untuk menekan biaya produksi maka jenis batik ini dibuat dengan cara pengecapan. Peralatan yang digunakanpun serba otomatis, lusinan batik bisa dibuat dengan hitungan detik saja.

2. Waktu Pembuatan
Perbedaan batik mahal dan batik murah selanjutnya adalah waktu dalam proses pembuatnaya. Batik mahal yang dijual ratusan ribu dibuat dengan beberapa tahap mulai dari penulisan, pencelupan, penulisan lagi, pencelupan lagi sampai didapatkan motif yang diinginkan. Proses ini tentunya memakan waktu yang cukup lama. Karena alasan itu juga batik tulis dibanderol dengan harga yang eksklusif. Sedangkan untuk batik murah, prosesnya sangat cepat lantaran menggunakan mesin cap.

3. Perawatan

Perawatan batik mahal tak boleh sembarangan. Untuk mencucinya tidak boleh menggunakan deterjan dipasaran dan menggunakan mesin cuci. Agar tak merusak warnanya, harus menggunakan deterjen khusus yang dibuat dari bahan dasar lerak. Untuk mencucinyapun harus manual atau menggunakan tangan agar tidak rusak. Sedangkan untuk batik murah, tak perlu perawatan khusus. Kamu bisa mencucinya dengan cara biasanya dan menggunakan deterjen. Hanya saja sebaiknya pisahkan dengan kain lain karena kalau luntur bisa mengotori pakaian lainya.

Nah itulah beberapa perbedaan batik mahal dan murah. Memang sih batik tulis memerlukan perwatan khusus dan sedikit ribet. Tapi jika berbicara mengenai estetika, hal tersebut tentu bukan menjadi masalah. Kalau kamu gak suka ribet, beli saja batik cap toh harganya justru lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *