Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

Author : admin Category :hobi November 3, 2014

Cara Merawat Cucak Ijo – Meski namanya Cucak Ijo atau Cucak Hijau, burung yang satu ini tidak termasuk dalam keluarga cucak-cucakan seperti cucak jawa ataupun cucak rowo. Cucak Ijo memiliki nama latin Chloropsis Sonnerati dan memiliki warna hijau yang dominan pada seluruh tubuhnya. Dalam bahasa inggris Burung Cucak Ijo dikenal dengan Greater Green Leafbird. Burung yang termasuk dalam suku Choropseidae ini memiliki kerabat dekat bernama burung cipoh atau Aegithina spp. Burung ini juga termasuk dalam burung cica-daun dengan panjang tubuh rata-rata 22 cm. Seluruh tubuhnya berwarna hijau kecuali pada bagian tenggorokan dan pipi yang memiliki warna hitam pekat. Selain itu pada bagian bahu juga memiliki warna lain yang juga menjadi pembeda antara burung cucak ijo dengan burung cica-daun lainya. Burung Cucak Ijo jantan memiliki bahu denganwarna biru sementara untuk betina memiliki lingkar mata dan tenggorokan berwarna kuning.

Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

Burung Cucak Ijo juga sering digunakan untuk perlombaan, untuk itu bagi anda yang menyukai burung ini harus tau cara merawat cucuk ijo dengan benar. Hal mendasar yang harus diperhatikan dalam perawatan burung cucak ijo ada dua yakni tempat dan pakan.

Tempat Yang Cocok Untuk Cucak Ijo
Anda bisa menempatkan burung cucak ijo ini pada sangkar kotak dengan ukuran panjang x lebar x tinggi 45 cm x 45 cm x 60 cm. Selain itu anda juga bisa menempatkanya pada sangkar bulat dengan diameter 35 cm. Untuk pangkringan atau tenggeran bisa dengan menggunakan kayu asam dengan ukuran diameter 1,5 cm.

Pakan Yang Cocok Untuk Cucak Ijo
Tak jauh beda dengan burung-burung lainya, cucak ijo juga memerlukan makanan yang variatif dengan kandungan vitamin, nutrisi, mineral, protein dan karbohidrat yang cukup. Selain itu perlu juga makanan yang mengandung zat esensial seperti l-Lisin HCI, Folic Acid, Ca-D dan D-L Methionine. Berikut ini beberapa makanan yang sesuai untuk cucak ijo.

  1. Buah Segar seperti pepaya, apel, tomat, pir, pisang, dan lainya. Sebaiknya anda memberikan porsi buah pepaya yang banyak, pasalnya buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu buah pepaya juga mudah dicerna dan biasanya cocok untuk sistem metabolisme pada burung tidak hanya pada cucak ijo saja.
  2. Voir dengan kandungan protein 12% hingga 18 %. Jangan terkecoh dengan harga, voer mahal belum tentu cocok untuk metabolisme burung cucak ijo. Voer ini diberikan untuk pelengkap akan kebutuhan nutrisi.
  3. Selain dua makanan untuk burung cucak ijo diatas, anda juga perlu memberinya makanan tambahan seperti kroto, orong-orong, jangkrik, kelabang, dan lainya.

Perawatan Harian Burung Cucak Ijo
Jika kedua kebutuhan pokok diatas sudah terpenuhi, maka anda juga perlu melakukan perawatan harian. Caranya sebenarnya relatif sama dengan perawatan burung lainya, kuncinya harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Simak baik pola perawatan harian burung cucak ijo berikut ini:

  1. Pada pagi hari sekitar jam 07.00 letakanlah burung di teras agar terkena angin dan setengah kemudian dimandikan. Cara memandikanya bisa dengan disemprot, sesuaikan dengan kebiasaan setiap burung.
  2. Bersihkan kandang satu hari sekali dan ganti atau tambah air minum, buah segar dan voer.
  3. Beri Jangkrik 2 ekor
  4. Jemur burung ijo selama 1 sampai 2 jam dalam sehari sekitar pulul 08.00 – 11.00. Ketika burung dijemur hindarkan dari burung sejenis lainya dan jangan sampai melihat.
  5. Setelah dijemur angin-anginkan kembali di teras dan setelah itu dikerodong.
  6. Pada siang hari perdengarkan burung cucak ijo dengan suara burung-burung master.
  7. Pada sore angin-anginakan kembali di teras.
  8. Beri Jangkrik 2 ekor.
  9. Setelah jam 18.00, cucak ijo kembali di kerodong dan perdengarkan dengan suara burung master.
  10. Beri Kroto segar 1 sendok teh dan buah segar seminggu dua kali.

Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba
Tujuan dari perawatan ini adalah supaya burung memiliki tingkat birahi serta stamina yang cukup. Berikut beberapa pola perawatan cucak ijo untuk stelan Lomba

  1. H-3, beri 10 ekor jangkrik pada pagi hari dan 6 ekor jangkrik pada sore hari.
  2. H-2, Jemur cucak ijo maksimal setengah jam.
  3. 1 jam sebelum lomba, beri 3 ekor jangkrik dan 10-20 ekor ulat hongkong.
  4. Jika burung akan dilombakan lagi, beri 1 ekot jangkrik lagi.

Itulah tadi beberapa hal teknik cara merawat burung cucak ijo untuk lomba. Sebelum dilombakan, sebaiknya burung diberi kesempatan untuk beradaptasi, agar burung cucak ijo tidak kaget. Nah setelah digunakan untuk lomba, anda juga harus melakukan perawatan yang bertujuan untuk memulihkan stamina dan kondisi fisik burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *