Ciri- Ciri Batu Giok Asli Dan Cara Membedakanya Dengan Yang Palsu

Author : admin Category :hobi January 30, 2015

Ciri- Ciri Batu Giok Asli – Batu Giok merupakan salah satu batu mulia yang cukup banyak peminatnya. Selain berfungsi untuk perhiasan, Batu Giok asli juga berkhasiat untuk kesehatan. Namun sayang, sekarang banyak beredar batu giok palsu. Batu Giok atau yang memiliki nama lain jade ini memiliki harga yang fantastis. Untuk batu giok dengan kualitas grade A harganya bisa mencapai ratusan juga. Oleh karena itu jika ingin memiliki batu mulia yang satu ini harus jeli agar tidak tertipu dengan yang palsu. Selama ini cerita yang beredar masyarakat untuk mengetahui batu giok yang asli caranya adalah dengan di panaskan selama sekitar 15 menit. Jika batu tetap dingin, maka batu giok tersebut asli. Namun cara ini tidak bisa di pertanggungjawabkan dan tidak dibenarkan. Untuk itu sebaiknya kenali ciri-cirinya berikut ini.

Ciri- Ciri Batu Giok Asli Dan Cara Membedakanya Dengan Yang Palsu

Ciri- Ciri Batu Giok Asli Dan Cara Membedakanya Dengan Yang Palsu

1. Warna Dan Tekstur
Cara yang paling mudah untuk membedakan batu giok yang asli dan palsu adalah dari warna dan tekturnya. Giok asli memiliki indeks warna yang kuat serta tidak berubah warna ketika di dalam ruangan ataupun di bawah matahari. Tekstur batu giok asli halus dan padu. Selain itu batu giok asli cukup keras sehingga sulit tergores. Sedangkan batu giok palsu sebaliknya. Batu giok palsu biasanya berwarna hijau ketika dibawah matahari sedangkan ketika didalam ruangan berubah menjadi hijau gelap bahkan hitam. Kilauanya akan memudar dalam kurun waktu dua tahun.

2. Harga
Dari segi harga keduanya jelas berbeda. Untuk batu giok kelas perhiasan biasanya dibanderol sekitar Rp 200 ribu sedangkan yang palsu hanya sekitar Rp 50 ribu. Sedangkan cara pemasaranya untuk batu giok asli banyak dijual secara online, dan batu giok palsu biasa dijual di pasar tradisional bahkan dijual keliling.

3. Asal
Batu giok palsu biasanya  di datangkan dari Medan atau Malaysia. Sedangkan yang asli berasal dari Aceh. Warga Aceh yang menggeluti bisnis batu giok tidak mau menerima yang palsu, karena ongkos ke tempatnya lebih mahal ketimbang harga jualnya.

Nah itulah tadi Ciri- Ciri Batu Giok Asli Dan Cara Membedakanya Dengan Yang Palsu. Jika anda masih ragu-ragu sebaiknya anda datangkan orang yang sudah ahli dan bergelut lama dalam bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *