Ciri Ciri Batu Kalimaya Banten Asli Dan Cara Membedakanya Dengan Yang Palsu

Author : admin Category :hobi May 8, 2015

Ciri Ciri Batu Kalimaya Banten Asli – Demam batu akik rupanya masih banyak dialami oleh masyarakat indonesia. Dari mulai kalangan bawah hingga pejabat di negeri ini ramai-ramai membicarakan batu akik. Di Indonesia sendiri batu akik memiliki beragam jenis baik dilihat dari asalnya, harganya dan bentuknya. Salah satu batu akik yang cukup banyak diburu akhir-akhir ini adalah Batu akik Kalimaya Banten. Batu yang juga disebut batu opal ini banyak ditemukan di daerah Banten. Akan tetapi untuk yang memiliki karat tinggi sekarang sudah sulit ditemukan. Tak heran harganya juga melambung tinggi. Di pasaran bahkan saat ini banyak beredar batu kalimaya banten palsu atau yang disebut dublet.

Ciri-Ciri Batu Kalimaya Banten Asli

Sebelum anda membeli, ada baiknya mengetahui ciri-ciri batu kalimaya banten. Secara fisik memang batu kalimaya banten ini terlihat cantik dengan pancaran warna-warni dari dalam batu. Hal ini membuat para kolektor dan para pecinta batu akik tertarik untuk memilikinya. Batu kalimaya sendiri sebenarnya banyak jenisnya seperti pelangi, black oval, teh, susu dan Banten. Batu Kalimaya Banten memiliki warna yang lebih bening dan dari dalamnya terlihat pancaran warna-warni sehingga terlihat cantik. Harga Batu Akik kalimaya berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Nah sebelum anda membelinya simak cara membedakan batu kalimaya banten yang asli dan yang palsu berikut ini.

Ciri-Ciri Batu Kalimaya Banten Asli

  1. Cara membedakan batu kalimaya banten yang asli dan palsu bisa dilakukan dengan melihat warna batu itu sendiri. Jika pancaran warna dari dalam batu tidak begitu mencolok Batu Kalimaya Banten tersebut asli. Sebaliknya jika warna pancaran sangat mencolok maka bisa dipastikan batu tersebut palsu.
  2. Saat batu kalimaya banten asli di bakar, maka akan cepat dingin. Sedangkan yang palsu akan terasa panas dalam waktu yang lebih lama.
  3. Cat juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah batu kalimaya tersebut asli atau palsu. Saat batu diolesi cat, yang asli akan mudah untuk dibersihkan. Jika saat diolesi cat dan kemudian sulit untuk dibersihkan (masih meninggalkan bekas cat) maka batu kalimaya banten tersebut palsu
  4. Ciri-Ciri Batu Kalimaya Banten Asli yang terakhir adalah memiliki serat. Gunakan lampu senter dan lihat pakah batu tersebut memiliki serat atau tidak. Batu kalimaya sintetis biasanya tidak memiliki serat sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *