Harga Batu Red Borneo Ini Sampai Rp 75 Juta

Author : admin Category :hobi March 14, 2015

Batu Red Borneo kini menjadi perbincangan hangat dan di incar para penggemar batu mulia serta para kolektor. Tak ayal harga batu red borneo pun melambung tinggi. Untuk satu kilogram batu red borneo dihargai Rp 1 juta bahkan bisa lebih tergantung kualitasnya. Belakangan batu ini diincar oleh para pejabat. Ikhwansyah selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mengaku mendapat pesanan rekanya dari Lampung yang tidak lain adalah kepala SKPD Kabupaten Tanggamus. Selain itu banyak juga pesanan-pesanan dari daerah lain seperti dari Pontianak, Gorontalo, Jatim dan Bandung. Lantas seperti apa batu red borneo ini?

Harga Batu Red Borneo Ini Sampai Rp 75 Juta

ilustrasi batu red borneo

Dilihat dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa batu red borneo ini berasal dari Pulau Kalimantan. Ada beberapa titik yang menjadi lokasi pencarian batu mulia ini. Lokasi tersebut diantaranya di bekas tambang batu yang berada di Guntung Pahit Desa Kiram, dan di Desa Apuai Kecamatan Aranio. Di Aranio sendiri ada tiga titik lokasi penambangan, kabarnya  sudah lebih 2 ton batu red borneo yang diambil dilokasi ini. Untuk mendapatkan sebongkah batu red borneo inipun tidak gampang. Butuh hantaman berkali-kali untuk memecahnya lantaran batunya super keras. Ardani misalnya, seorang warga desa Apuai yang mencoba memecah batu yang kini sedang naik daun tersebut. Palu yang ada ditanganya sudah berulang kali menghantam pahat untuk memecah batu. Akan tetapi bongkahan batu berwarna merah itu tak kunjung pecah.

Selain Ardani ada juga Amang adul warga Kiram Atas yang juga ikut menambang batu. Adul kini memiliki dua buah bongkahan batu red borneo. Menurutnya salah satu bongkah batu tersebut memiliki bobot mencapai 44 kg. Oleh sebab itu ia hanya melepas dengan harga Rp 44 juta. Jika mau ambil dua-duanya harus menebus dengan harga Rp 75 juta. Alamak. Harga batu red borneo milik Adul ini memang cukup mahal lantaran termasuk kualitas satu.

Batu Red Borneo memiliki ciri khas merah muda dengan guratan berwana hitam yang sering disebut urat batu. Baru red borneo yang paling banyak di incar adalah yang memiliki warna merah muda sempurna atau tanpa ada  warna putih susunya. Mengingat harga batu red borneo yang masih berwujud bongkahan saja cukup tinggi, tak heran jika sudah dipoles dalam bentuk cincin harganya hingga jutaan rupiah. Dari pantauan siputnews, di beberapa toko online ada yang menjual cincin dengan batu red borneo ini seharga Rp 2,5 juta. Anda berminat untuk memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *