Tips Perawatan Burung Jalak Suren Biar Gacor Untuk Lomba

Author : admin Category :hobi November 12, 2014

Tips Perawatan Burung Jalak Suren –  Sturnus Contra atau yang kerap disebut jalak suren menjadi salah satu burung yang digemari oleh para pecinta burung akhir-akhir ini. Burung ini biasa ditemukan di hutan-hutan yang berada di Asia Tenggara dan anak benua India. Akan tetapi saat ini Burung Jalak Suren justru menjadi burung penjaga rumah yang jinak. Apabila ada seseorang yang datang kerumah, biasanya burung jalak suren akan berkicau dengan nyaring. Nah jika anda adalah salah satu pemiliknya tentu menjaga agar burung anda rajin berkicau wajib dilakukan. Untuk itu kami akan berikan sedikit tips cara merawat burung jalak suren agar Gacor. Selain itu perawatan ini juga mempersiapkan burung jalak suren jika ingin di ikut sertakan lomba.

tips perawatan jalak suren

Perawatan Burung Jalak Suren sebenarnya tidak ada hal-hal khusus dan sama dengan perawatan burung lainya. Satu hal yang harus anda perhatikan adalah rutinitas. Agar burung bisa berkicau secara maksimal laukan perawatan berikut ini setiap hari.

  1. Mandikan burung setiap hari sekitar pukul 7 paagi dengan cara disemprot pakai spray, dan jika memungkinkan gunakan cepuk supaya burung bisa lebih leluasa. Setelah selesai mandi, jangan lupa bersihkan dan ambil kembali cepuk tersebut.
  2. Jemur burung dibawah terik matahari maksimal 1 jam apabila sinar matahari benar-benar cerah, jika redup bisa lebih lama lagi. Setelah selesai penjemuran, angin-anginkan di teras.
  3. Berikan makanan yang berkualitas seperti voer. carilah voer yang mengandung vitamin dan protein tinggi,
  4. Berikan makanan tambahan atau Extra Fooding seperti jangkrik 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Beri juga makanan lain seperti ulat hongkong  satu sendok makan untuk 2 sampai 3 hari. Kroto juga bisa diberikan untuk makanan burung jalak suren.
  5. Untuk mendapatkan suara burung jalak suren yang gacor lakukan pemasteran suara. caranya bisa mendekatkan burung jalak suren pada burung yang memiliki suara indah dan gacor seperti jalak kebo. Atau jika tidak memiliki burung lain, bisa menggunakan suara burung dalam bentuk Mp3.
  6. Terakhir, buatlah lingkungan di rumah senyaman mungkin untuk burung. Jangan sampai burung tidak merasa nyaman atau terganggu dengan hal-hal lain disekitarnya. Hal ini penting karena berpengaruh pada psikis dan fisik burung itu sendiri.

Perawatan Burung Jalak Suren Untuk Persiapan Lomba

Cara merawat burung jalak suren untuk lomba tidaklah  jauh berbeda dengan perwawatan harian, mungkin hanya porsinya saja yang berbeda. Kunci utamanya adalah membuat burung memiliki birahi tinggi. Hal tersebut bisa dirangsang dengan makanan-makanan yang bisa merangsang birahi si burung. nah berikut ini cara setting burung jalak suren untuk lomba:

  1. H-3, beri jangkrik 10 ekor pada pagi hari dan 6 ekor pada sore hari.
  2. H-2, jemur burung maksimal 30 menit saja.
  3. 1 jam sebelum lomba, beri jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong sebanyak 10 hingga 20 ekor.
  4. Jika burung jalak suren akan diikutkan lomba lagi, beri jangkrik 1 ekor lagi.
  5. Jangan memandikan burung saat akan lomba, karena akan mengganggu birahi burung.

Demikianlah tips perawatan burung jalak suren supaya gacor, serta persiapan untuk lomba. Semoga tips diatas bisa berguna untuk para pembaca siputnews pada umumnya, dan untuk anda pemilik burung jalak suren pada khususnya. Baca juga cara merawat burung cucak ijo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *