8 Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Author : admin Category :Kuliner June 2, 2017

Menu Takjil Murah Meriah – Setelah menjalankan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar, dahaga dan nafsu dari pagi hingga sore, kini tinggal menanti adzan magrib dikumbangkan. Tentu saja saat saat tersebut adalah yang paling dinanti. Bagi ibu rumah tangga, maka sudah menjadi kewajiban untuk menyiapkan menu buka puasa ataupun menu takjil selama bulan puasa. Tak perlu merogoh banyak kantong, kamu juga bisa membuat menu takjil sederhana dari bahan bahan yang murah meriah.

Takjil atau Ta’jil berasal dari bahasa arab yang berarti penyegaran. Ini merujuk pada hidangan atau camilan pembuka untuk membatalkan puasa. Ada beragam menu takjil yang bisa kamu buat. Yang paling umum adalah kolak yakni sajian berkuah santan yang manis dengan isian seperti ubi dan pisang. Kolak menjadi hidangan yang favorit karena termasuk menu takjil yang mudah dan murah. Selain itu ada beberapa menu untuk berbuka puasa lainya yang ramah dikantong tapi tetap enak. Berikut ini beberapa diantaranya

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Berbuka Puasa

1. Puding Jagung

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Dengan jagung manis, kamu bisa membuat menu takjil yang mudah dan bergizi. Salah satunya adalah dibuat menjadi puding. Prosesnya mudah dan cepat, jadi kamu bisa membuatnya sambil ngabuburit.

2. Es Cincau Kelapa Muda

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Tak jauh beda dengan es cincau lainya, namun menu takjil yang satu ini hanya dipadukan dengan kelapa muda, santan dan nangka. Rasanya lebih gurih dan kaya.

Baca juga: Resep Takjil Manis Untuk Buka Puasa

3. Jus Sirsak Kelengkeng

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Sirsak adalah buah yang mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin A B  & C, kalsium, besi, fosfor dan lain sebagainya. Kandungan serat yang tinggi pada buah sirsak akan membantu melancarnakan pencernaan. Sedangkan kelengkeng juga mengandung zat zat seperti kalsiun, fosfor, sukrosa dll. Perpaduan asam sirsak dan manisnya kelengkeng dapat kamu jadikan sebagai menu takjil yang istimewa.

4. Red Dragon Fruit Jelly

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Menu takjil yang mudah dan murah juga bisa kamu buat dengan buah naga. Cukup sediakan buah naga dan bubuk jelly. Hancurkan buah naga lalu campur dengan bubuk jelly dan gula. Didihkan air dan tuangkan adonan tersebut. Angkat lalu dinginkan.

5. Lychee Salad With Orange Mint Sirup

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Untuk membuat menu takjil yang satu ini, siapkan sari jeruk manis, nata de coco, buah lychi dan daun mint. Masukan es serut dalam gelas atau mangkok lalu tata bahan bahan diatasnya. Siramlah dengan sari jeruk manis.

6. Klepon Warna Warni

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Masakan tradisional juga cukup menarik untuk dijadikan menu takjil. salah satunya adalah klepon yang bisa kamu buat jadi warna warni agar semakin menarik. Agar bisa warna warni gunakan tiga jenis ubi yakni ubi ungu, ubi kuning dan ubi madu.

7. Es Timun Jeruk Nipis

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Ini juga menu takjil murah meriah yang bisa kamu buat. Cukup sediakan mentimun, melon, gula pasir,jeruk nipis, daun jeruk, dan jeruk nipis. Campur air dan gula pasir dan masak sampai larut. Tambahkan air jeruk nipis bersama kulitnya. Kemudian masukan mentimun dan melon, diamkan selama 1 jam. Sajikan dengan es serut dan daun mint.

8. Chocolate Milkshake Alpukat

Menu Takjil Murah Meriah Untuk Buka Puasa

Menu takjil terakhir yang tak kalah menyegarkanya adalah chocolate milkshake alpukat. Siapkan alpukat, coklat bubuk, susu cair, es krim vanila, gula pasir serta es batu. Blender daging alpukat, coklat bubuk , susu cair dan es batu. Tambahkan es krim vanilla, blender lagi hingga lembut. Tuangkan ke gelas dan sajikan.

Itulah beberapa menu takjil murah meriah dan mudah dalam membuatnya. Kamu bisa membuatnya sembari menungg waktu buka puasa tiba. Untuk sajian utamanya, kamu bisa melihat resep menu buka puasa sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *