Resep Urap Sayur Jawa Pedas Nan Lezat

Author : admin Category :Kuliner September 18, 2014

Resep Urap sayur – Makanan tradisional memang memiliki cita rasa tersendiri. Tak hanya dipedesaan saja, orang-orang yang hidup di perkotaan nyatanya tak sedikit yang lebih menyukai masakan tradisional ketimbang makanan western seperti lasagna, pizza dan lainya. Maka tak heran saat ini banyak restoran-restoran yang bernuansa pedesaan dengan menu masakan tradisional. Salah satu masakan tradisional jawa yang kini sudah menjadi masakan nasional adalah Urap Sayur. Masakan yang terdiri dari berbagai jenis sayur yang direbus kemudian dicampur dengan bumbu dan kelapa paurt ini memang memiliki cita rasa tersendiri. Selain lezat urap sayur tentu memiliki kandungan gizi yang tinggi.

resep Urap Sayur

Resep atau Cara membuat urap sayur ini cukup praktis. Seseorang tanpa keahlian khusus pun pasti bisa membuatnya sendiri dirumah dan kemudian disajikan bersama keluarga tercinta. Untuk itu siputnews kali ini akan berbagi resep urap sayur asli jawa yang pedas dan lezat tentunya. Simak step by step cara membuat urap sayur berikut ini:

Bahan Untuk Membuat Urap sayur

  1. kacang panjang 7 batang, cuci kemudian potong-potong
  2. kecambah 100 gram, cuci dan siangi
  3. kangkung 1 ikat, cuci dan siangi
  4. kubis 3 lembar, cuci dan potong-potong
  5. sayuran lain (sesuai selera)

Bumbu (halus) Urap Sayur

  1. Cabai rawit 10 buah
  2. bawang putih 4 siung
  3. kencur 2 cm
  4. daun jeruk 5 lembar
  5. gula merah 1/2 blok
  6. kelapa setengah tua 1/2 butir, parut
  7. garam secukupnya

Cara Membuat Urap Sayur

  1.  Rebus semua sayuran sampai matang dan empuk dengan air yang telah dicampur garam. Hal ini untuk menjaga warna sayuran agar tetap hijau.
  2. Campur bumbu yang telah dihaluskan dengan parutan kelapa. Kukus kira-kira selama 20 menit agar tidak mudah basi.
  3. langkah terakhi tinggal mencampur sayuran tadi dengan parutan kelapa yang telah dicampur bumbu.

Cukup simpel dan mudah bukan resep urap sayur ini? Urap sayur yang sudah jadi bisa anda sajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe atau lainya. Selain lezat, aneka sayuran yang digunakan untuk membuat urap sayur ini tentu memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Jadi tunggu apalagi, jangan hanya membuat masakan modern saja, sekali-kali membuat masakan tradisional untuk keluarga dirumah. Selamat mencoba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *