Tips Agar Cake Empuk Tidak Bantat Dan Turun Setelah Mengembang

Author : admin Category :Kuliner October 21, 2016

Tips Agar Cake Empuk Tidak Bantat Dan Turun – Membuat cake bisa dibilang susah susah gampang. Meski adonan sudah dibuat berdasarkan resep yang ada di buku atau di situs online, hasilnya tak sesuai yang diinginkan. Cake menjadi bantat dan turun meski awalnya sudah mengembang dengna baik. Setelah dikeluarkan dari oven, eh malah menyusut lagi. Lantas apa penyebabnya? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar sukses dalam membuat cake.

tips-agar-cake-empuk-tidak-bantat-dan-turun-setelah-mengembang

1. Membuat Adonan

Tips agar cake empuk dan tidak bantat yang pertama dan harus kamu perhatikan adalah pada saat membuat adonan. Pembuatan cake diawali dengan pengocokan telur. Nah cake yang diawali dengan pengocokan gula dan telur disebut dengan sponge cake. Pada teknik ini kocoklah telur sampai benar benar mengembang, apabila dengan mixer kocoklah selama 20 menit denan kecepatan tinggi. Sementara itu jika kamu membuat cake dengan mengkocok mentega terlebih dahulu kemudian memasukan telur satu persatu, maka teknik ini dinamakan butter cake. Teknik membuat cake yang terakhir adalah chiffon cake yakni memisahkan antara putih telur dan kuning telur dan dikocok secara terpisah.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat adonan cake adalah pencampuran margarin atau mentega. Cairkan margarin dengan api kecil sambil diaduk supaya cepatmencair. Kemudian tuangkan adonan secara perlahan sampai benar benar rata. Lebih baik kamu gunakan mangkuk kaca agar kelihatan dasarnya. Jangan sampai dibagian bawah mengendap karena bisa membuat cake bantat.

2. Masukan Adonan Setelah Oven panas

Pastikan dulu oven sudah panas, ketika akan memasukan adonan. Hal ini mungkin luput dari perhatian. Padahal hal ini penting, karena bisa menyebabkan cake menjadi bantat. Untuk itu jangan terburu buru memasukan cake ke dalam oven, pastikan dulu oven sudah panas.

3. Jangan Buka Tutup

Salah satu penyebab cake bantat adalah membuka oven ketika kue sedang dipanggang. Rasa penasaran akan perkembangan cake, membuat kita membuka tutup oven atau pan untuk melihat apakah cake berhasil mengembang atau tidak. akan tetapi hal itu justru akan membuat udara panas didalam oven keluar. Alhasil cake kembali menyusut lantaran suhunya berubah drastis. Selain itu pangganglah dengan durasi sesuai dengan yang tertera pada resep. Misalnya 40 menit, jangan membuka oven sebelum waktunya. Jika waktunya sudah cukup, jangan langsung mengeluarkan cake dari oven. Matikan apinya dulu dan biarkan cake didalam oven terlebih dahulu. Beri waktu supaya kue matang sempurna serta tidak menyusut atau berubah lagi setelah mengembang.

Nah demikianlah beberapa tips agar cake empuk tidak bantat dan turun. Membuat chttp://siputnews.com/wp-admin/post.php?post=1910&action=editake sebenarnya mudah, asalkan kita sudah tau trik triknya. Yang penting kamu harus berani untuk mencobanya, jika gagal ulangi lagi sampai bisa. Kalau masih ada hal hal lain yang belum jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *