Wow Harga Jamur Pelawan di Bangka Sampai 2 Juta Per Kilogram

Author : admin Category :Kuliner April 29, 2015

Jamur Pelawan di Pulau Bangka bisa dikatakan jamur termahal di Indonesia. Bagaimana tidak, untuk setiap kilogram jamur pelawan dihargai antara Rp 1,4 juta sampai Rp 2 juta. Jamur ini hidup di Hutan Pelawan yang ada di Pulau Bangka. Ukuranya tidak begitu besar, bahkan lebih kecil dari beberapa jenis jamur yang dijual di pasaran. Biasanya jamur pelawan dijal dalam bentuk jamur kering. Harganya yang melambung tinggi, dikarenakan jamur ini tumbuh di waktu tertentu dan terbilang unik. menurut penuturan salah satu pengeloa Hutan Pelawan, Jamur pelawan hidup saat musim kemarau setidaknya selama tiga bulan. Uniknya diperlukan juga hujan selama kurang lebih satu minggu dan ketika jamur mulai tumbuh harus ada petir. Begitulah cerita orang Bangka, meski sampai saat ini belum terbukti secara ilmiah.

Harga Jamur Pelawan di Bangka

Harga Jamur Pelawan di Bangka yang mencapai jutaan rupiah dikarenkan jamur ini cukup langka. Apabila seseorang telah memakan jamur pelawan ini, berarti sudah memakan makanan yang sangat eksklusif karena tidak semua orang dapat merasakanya. Seorang peneliti dari Jepang telah melakukan penelitian  bahwa jamur pelawan memang bisa dikonsumsi. Selain itu jamur pelawan tak bisa hidup di sembarang tempat. Pertumbuhanya tergolong sangat cepat. Ketika jamur sudah mulai tumbuh, hanya butuh waktu empat hari ukuranya sudah cukup besar. Namun setelah dipanen, segeralah untuk mengolahnya karena jamur pelawan tidak tahan lama hanya kurang lebih 3 hari setelah panen. Jika terlalu lama jamur akan membusuk.

Jamur pelawan memiliki cita rasa yang lezat baik dicampur dengan masakan lain ataupun dibuat menjadi makanan ringan.  Jamur Pelawan juga kerap dijadikan oleh-oleh para pelancong yang sedang berlibur di Pulau Bangka. Namun mengingat harga jamur pelawan di Pulau Bangka ini lumayan mahal, mungkin anda harus berfikir dua kali untuk membelinya. Jika anda ingin mendapatkanya, anda juga harus datang tepat waktu. Pasalnya jamur pelawan hanya tumbuh dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan September dan bulan Maret. Tertarik untuk merasakan jamur termahal di Indonesia ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *