Pantai Sawarna Banten, Tempat Asyik Untuk Berakhir Pekan

Author : admin Category :gaya hidup July 13, 2014

Pantai Sawarna merupakan destinasi pantai yang menarik di provinsi Banten. Pantainya berpasir putih yang membentang hingga 65 Km.Pantai Sawarna terletak di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam obyek wisata seperti gua, hitan, sungai hingga agrowisata. Maka tak heran lokasi wisata ini dijadikan tempat favorit untuk berakhir pekan di provinsi Banten. Kawasan Pantai Sawarna dulunya merupakan hutan pantai yang bernama Desa Siluman. Saat menuju garis pantai maka anda akan melewati jembatan kayu gantung dan persawahan yang luas.

pantai-sawarna-banten

pantai-sawarna-banten

Desa Wisata Sawarna merupakan gerbang untuk menjelajah keelokan alam di ujung selatan Banten. Pantai ini berjarak 150 Km dari Rangkasbelitung yang merupakan ibukota Banten atau tepatnya di dusun Gendol, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak. Berwisata di desa sawarna memang sangat menyenangkan selain menikmati pasir putih pantai anda juga bisa bersnorkeling menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Beberapa lokasi yang cocok untuk snorkeling diantaranya pantai bokor, pantai cianter dan pantai tanjung layar. Anda juga bisa menemukan beberapa gua seperti gua lalay, gua cimaul, gua sikadir, dan gua singolong.

surfing-sawarna beach

surfing-sawarna beach

Pantai Sawarna di Banten juga dikenal memiliki ombak yang spektakuler sehingga digemari oleh para peselancar baik dan dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan beberapa peselancar dari berbagai dunia seperti Amerika, Brazil, Australia pernah merasakan sensasi berselancar di Pantai Sawarna. Kalau anda memilih hanya untuk menikmati pemandangan alam saja, cobalah menuju Laguna Pari dengan pasir putihnya yang berkilau. Letaknya disebelah timur sehingga sangat ideal bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit. Beberapa lokasi lain yang menarik untuk dikunjungi adalah di Palistir dan Karang Taraje. Di tempat ini anda akan menyaksikan keindahan pantai dengan batuan karang yang cukup besar. Jika sudah puas bermain-main di pantai lanjutkan perjalana anda menuju Sungai Cisawarna. Disana anda bisa menemukan berbagai batu hias serta pelelangan ikan. Tempat yang terletak di sebelah timur desa ini juga sering digunakan untuk panjat tebing.

homestay pantai sawarna

homestay pantai sawarna

Berwisata di Pantai Sawarna Banten tak puas jika hanya satu hari saja. Jadi sebaiknya anda menginap di homestay – homestay dekat pantai sawarna. Kondisi antara home stay yang satu dengan yang lainya relative sama dengan beberapa fasilitas seperti Tv, Ac, dan toilet. Terakhir, akses menuju Pantai Sawarna ini bisa anda lalui dengan rute Jakarta-Tangerang-Banten-Lebak-malimping-Bayah-Pantai Sawarna yang memakan waktu 6 jaman. Atau anda juga bisa melaui rute Jakarta-Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Pantai Sawarna dengan waktu tempuh 4-5 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *