Air Terjun Sri Gethuk, Oase di Gunung Kidul

Author : admin Category :wisata August 2, 2014

Air Terjun Sri Gethuk terletak di daerah Playen di gunung kidul. Air terjun ini cukup unik karena diapit oleh tebing setinggi 50 meter, dan mengingatkan kita tentang wisata di Amerika yakni grand canyon. Untuk menuju lokasi air terjun ada dua cara yakni dengan menggunakan perahu sederhana menyusuri sungai atau jalan kaki melewati persawahan yang hijau. Air terjun Sri Gethuk seolah menjadi pembuktian bahwa Kabupaten bukanlah daerah yang gersang yang selama ini kita kenal. Air yang mengalir di air terjun tersebut sampai saat ini belum pernah kering, selain itu tumbuhan yang ada di sekitar lokasi air terjun juga begitu subur.

air terjun sri gethuk

air terjun sri gethuk

Akan lebih seru jika saat menuju lokasi air terjun anda memilih menggunakan perahu. Selama perjalanan anda akan disuguhkan bukit yang menjulang tinggi di samping anda. Saat musim kemarau airnya begitu jernih ditambah batuan dipinggi sungai yang begitu indah. Namun saat musim hujan, jangan kaget kalau airnya berwarna kecoklatan, oleh karena itu kalau mau ke air terjun sri gethuk kami sarankan saat musim kemarau. Dengan membayar Rp 5 ribu anda akan diantarkan ke lokasi menggunakan perahu melawan arus sungai. Akan tetapi jangan dibayangkan perahu yang digunakan adalah perahu modern, perahu disini adalah perahu tradisional yang dibuat oleh warga setempat.

perahu Air-Terjun-Sri-Gethuk

perahu Air-Terjun-Sri-Gethuk

Cerita Mistis Di Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk juga disebut air terjun slempret karena lokasinya di daerah slempret. Nama slempret ini berasal dari Slompret yang merupakan sebuah alat music tiup. Konon menurut masyarakat setempat lokasi tersebut merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus dan dapat dikatakan tempat yang angker. Menurut cerita penguasa lokasi tersebut bernama Jin Anggo Menduro. Jin merupakan makhluk tak kasat mata yang menyukai kesenian. Hal tersebut terbukti pada waktu tertentu akan terdengar permainan alat music dan yang paling dominan adalah alat music slompret. Suara tersebut bersumber dari air terjun, namun jika didekati suara itu akan hilang dan tak terdengar lagi.

Di lokasi wisata air terjun sri gethuk ini juga terdapat obyek wisata lainya yakni Goa Rancang Kecana. Jalan menuju air terjun sri gethuk dari Yogyakarta tentunya melewati jalan wonosari. Sesampainya di pertigaan gading yang ada lapangan di sampingnya, beloklah kekanan hingga sampai di pertigaan lagi kemudian ambil kekanan. Tak jauh dari sini anda akan menemukan pertigaan yang sudah ada petunjuk arah menuju air terjun sri gethuk. Dari sini perjalanan masih menyisakan 7 Km lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *