Berikut Daftar Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Author : admin Category :wisata October 21, 2015

Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta – Mungkin dulu ketika mendengar nama Gunung Kidul, sudah terbayang sebuah daerah yang kering kerontang. Namun itu dulu, lain halnya dengan sekarang. Justru Kabupaten Gunung Kidul adalah daerah yang paling terdepat di Jogja untuk urusan pariwisata. Daerah yang kini disebut sebagai “jogja lantai 2” itu memiliki segudang tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi mulai dari Goa, Air Terjun, hingga pantai. Bahkan pantai-pantai di Gunung Kidul Jogja ini tak kalah menariknya dengan pantai di Bali dengan hamparan pasir putihnya. Gak percaya? coba deh simak daftarnya berikut ini.

Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta

1. Pantai Sadeng
pantai sadeng Daftar Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta
Dimulai dari ujung timur yang berbatasan dengan Wonogiri yakni pantai Sadeng. Pantai ini dahulu kala adalah muara sungai Bengawan Solo yang terkenal itu. Namun karena proses geologi membuat aliran sungai berbalik ke arah utara seperti saat ini. Nah kini bekas aliran sungai itu masih terlihat dan menjadi tempat yang cukup menyita perhatian para wisatawan. Di pantai Sadeng juga ada tempat pelelengan ikan jika anda berniat untuk membeli ikan laut sebagai oleh-oleh.

2. Pantai Wedi Ombo
Daftar Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta wedi ombo
Lanjut ke arah barat ada satu pantai yang lagi ngehits belakangan ini. Cukup banyak para Igers yang memamerkan foto-fotonya di pantai yang berjarak 2 km dari pantai Sadeng itu. Pantai ini terletak di desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Hal menarik yang ada disini adalah batu-batuan yang berada dipinggir pantai yang terlihat memanjang dan unik.

3. Pantai Siung
panjat tebing pantai siung
Pantai ini dikenal dengan tebing-tebingnya yang berada di pinggir pantai. Disini anda bisa melakukan rock climbing, tentunya dengan membawa peralatan sendiri. Pantai Siung memang menjadi surganya para pemanjat tebing. Pasalnya ada 250 lebih jalur panjat tebing yang bisa anda taklukan. Tempatnya cukup luas sehingga anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam disini.

4. Pantai Nglambor
snorkeling pantai nglambor
Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang satu ini juga lagi “ngehits” belakangan ini. Itu dikarenakan di pantai nglambor anda bisa melakukan aktifitas snorkeling. Tak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling karena disini sudah ada pengelolanya yang menyediakan segala kebutuhan untuk snorkeling. Air lautnya cukup jernih dan tidak memiliki ombak besar karena terhalang batu karang besar didepanya. Ketika sedang asyik snorkeling anda akan ditemani ikan-ikan kecil serta batu karang yang mempesona. Pantai ini terletak persis di barat pantai siung.

5. Pantai Jogan
air terjun pantai gunung kidul
Selanjutnya ada pantai Jogan yang memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut. Karena keunikanya tersebut tak heran banyak wisatawan yang datang terutama di hari libur. Anda bisa mandi dibawah air terjun tersebut, namun berhati-hatilah saat turun karena cukup licin. Pantai ini terletak di sebelah barat pantai Nglambor.

6. Pantai Indrayanti
penginapan dekat pantai indrayanti
Jika ditanya pantai di gunung kidul yang paling lengkap fasilitasnya jawabanya adalah Pantai Indrayanti. Namun sebenarnya pantai ini memiliki nama asli pantai pulang syawal. Indrayanti sendiri adalah nama pemilik cafe yang ada di pantai tersebut. Namun sekarang pantai ini dikenal luas dengan pantai Indrayanti. Pantai ini terbilang cukup modern mulai dari penginapan, cafe, restoran, hingga gazeb-gazebo di pinggir pantai sudah ada. Tak ayal ketika hari libur tiba, pantai indrayanti selalu dipadati pengunjung.

7. Pantai Kukup
Daftar Pantai Di Gunung Kidul Yogyakarta pantai kukup
Pantai ini berada di kecamatan tanjungsari dan masih satu deretan dengan pantai Indrayanti. Keunikan dari pantai kukup adalah adanya baru karang yang dihubungkan oleh sebuah jembatan. Jadi wisatawan bisa menuju batu karang tersebut melalui jembatan. Keberadaan batu karan itu mirip dnegan tanah lot yang ada di Bali.

8. Pantai Baron
mercusuar di pantai baron
Nama pantai baron sendiri sudah begitu akrab di telinga masyarakat Yogyakarta.Pantai ini dilengkapi dengan tempat pelelengan ikan, hingga tempat bermain untuk anak-anak. Pada momen-momen tertentu sering ada pergeralan kesenian tradisional disini. Belakangan pantai ini sering dikunjungi anak muda karena keberadaan mercusuar. Anda bisa naik ke mercusuar tersebut dan melihat deretan pantai di gunung kidul dari atas.

9. Pantai Ngrenehan
pantai ngrenehan gunung kidul
Di pantai ini anda bisa melihat banyak perahu-perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan. Pemandangan bukit kapur disini juga cukup indah. Disini anda bisa melihat aktifitas nelayan mulai dari mengangkat ikan, memperbaiki perahu, merajut jaring dan andapun bisa langsung membeli hasil tangkapan mereka.

10 Pantai Ngobaran
pantai ngobaran gunung kidul
Pantai ini syarat akan kebudayan dan sejarahnya. Pantai yang berdekatan dengan pantai ngrenehan ini adalah tempat persinggahan terakhir dari raja Majapahit terakhir Brawijaya V. Konon asal dari nama ngobaran adalah dari kobaran api yang berasal dari Brawijaya V yang membakar diri. Disini juga terdapat 4 tempat ibadah yang berbeda dan cukup berdekatan. Hal itu memperlihatkan sudah ada toleransi beragama sejak masa lampau.

Itulah tadi daftar pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Selain kesepuluh pantai diatas, sebenarnya masih ada lagi pantai-pantai lainya seperti pantai Jungwok, pantai timang, pantai pok tunggal, pantai sundah, pantai krakal, pantai sadranan, pantai drini, pantai ngeden, pantai gesing dan lain sebagainya. So, anda pasti gak bakalan nyesel untuk liburan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *