Candi Sambisari Jogja, Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Author : admin Category :wisata August 1, 2014

Candi Sambisari di Jogja merupakan sebuah candi hindu yang letaknya tak jauh dari candi prambanan. Berjarak sekitar 12 Km dari kota jogja, candi ini beralamatkan di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Uniknya candi ini berada sekitar 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Candi Sambisari dibangun oleh rakai pikatan pada abad ke 9 pada masa kerajaan mataram kuno.

candi-sambisari-jogja

candi-sambisari-jogja


Candi Sambisari Jogja Ditemukan Pada Tahun 1966

Sekitar 48 tahun silam seorang petani bernama karyowinangun cukup dikagetkan saat cangkulnya mengenai batu yang memiliki pahatan. Singkat cerita kabar mengenai bongkahan batu besar ang memiliki pahatan di bawah sawah milik karyowinangun tersebut meluas ke berbagai wilayah disekitarnya. Akhirnya Dinas Kepurbakalaan Yogyakarta turun tangan setelah mengetahui kabar tersebut. Batu berpahat yang ditemukan tersebut diduga bagian dari sebuah candi. Dan benar setelah dilakukan pengerukan tanah maka ditemukan bongkahan-bongkahan batu berpahat serta beberapa arca kuno. Bongkahan batu tersebut awalnya berserakan belum membentuk sebuah candi. Setidaknya butuh waktu 21 tahun untuk merangkai bongkahan batu yang ditemukan tersebut menjadi sebuah candi. Pada tahun 1987 akhirnya candi bisa diselesaikan dank arena ditemukan di desa sambisari maka dinamakan candi sambisari.

Menyusuri Candi Sambisari Di Kalasan Sleman

Jalan menuju sambisari tentunya melewati jalan raya jogja-solo. Dari kota jogja temulah jalan jogja-solo sekitar 10 Km, maka anda akan menemukan petunjuk arah menuju candi sambisari. Petunjuk arah tersebut menuntun anda untuk belok kekiri menyusuri jalan yang tidak terlalu besar. Tak lama kemudian maka anda akan sampai di kompleks candi sambisari. Dari kejauhan memang hanya terlihat susunan batu yang terlihat kecil. Ya hal ini karena candi sambisari berada di bawah permukaan tanah sekitar 6,5 meter. Setelah mendekat barulah anda melihat keindahan candi sambisari. Kompleks candi sambisari memiliki 4 bangunan candi yang salah satunya adalah candi induk. Terdapat pula pagar batu di sekeliling candi. Saat mendekat ke bangunan utama maka anda akan melihat patung mahakala, agastya, nandiswara dan ganesha. Cobalah untuk memasuki candi induk, disana terdapat lingga dan yoni dengan ukuran yang cukup besar sekitar 1,5 meter. Di dekat candi utama ini terdapat candi pendamping yang ketiganya tidak beratap. Demikianlah ulasan kami mengenai candi sambisari jogja, sebuah candi yang terletak di bawah permukaan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *