Info Penting Backpacker, Objek Wisata, hingga Hotel Murah di Tangerang

Author : admin Category :wisata October 29, 2017

Liburan hemat di depan mata. Merasakan pengalaman baru berlibur ala backpacker sepertinya akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Apalagi jika tujuannya bukan ke kota-kota wisata populer, seperti Yogyakarta atau Denpasar.  Masih banyak kota lain yang bisa dijelajahi, Tangerang misalnya.

Tips Backpacking untuk Pemula

Bertanya – pixabay.com

Sebelum berangkat liburan ala backpacker, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama jika Anda masih baru mengenal dunia backpacking. Simak tips-tips berikut ini.

  • Berburu Referensi

Apabila tujuan telah ditentukan, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mempelajari kondisi tempat yang akan dikunjungi.

Galilah semua informasi tentang daerah tersebut, mulai dari letak geografis, cuaca, biaya perjalanan, karakter penduduk, tempat menarik, rumah makan murah, sampai sarana transportasi umum yang biasa digunakan di sana.

Anda bisa mencari referensi dengan membaca buku. Informasi semacam ini dapat dengan mudah ditemukan di internet, baik melalui situs-situs travel maupun catatan perjalanan para travel blogger. Bila perlu, tanyakanlah kepada teman atau saudara yang pernah berkunjung ke lokasi tersebut.

  • Rencana Perjalanan

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, buatlah rencana perjalanan. Rencana perjalanan bisa berupa catatan yang berisi jadwal, perincian pengeluaran, serta destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Khusus pada poin mengenai destinasi wisata, tambahkan juga tentang bagaimana cara menjangkau tempat tersebut dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana. Semakin lengkap catatan yang dibuat, akan semakin memudahkan Anda dalam menjalani liburan.

  • Bekal Secukupnya

Perbekalan di sini berarti barang-barang pribadi yang perlu dibawa dalam tas Anda. Termasuk pakaian, uang tunai, tanda pengenal, serta perlengkapan tambahan, seperti jas hujan, peralatan mandi, obat-obatan pribadi, serta kebutuhan lainnya.

Sesuaikan perbekalan dengan kondisi daerah tujuan. Misalnya jika Anda hendak pergi ke Tangerang yang cuacanya panas. Sebaiknya bawalah baju yang berwarna lembut dan mudah menyerap keringat. Buatlah diri Anda senyaman mungkin dengan pakaian yang dikenakan.

  • Jangan Malu Bertanya

Semua referensi yang diperoleh mengenai tempat yang akan dituju kadang kala berbeda dengan kondisi aslinya. Karenanya, jangan malu-malu untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat jika ada hal-hal yang kurang jelas. Biasanya informasi dari mereka akan lebih akurat.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mengenal karakter penduduk secara langsung. Tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa mendapatkan teman baru.

  • Disiplin

Backpacking adalah tentang disiplin dan melakukan sesuatu secara efisien. Semua hal yang telah disebutkan pada poin-poin di atas tidak akan berguna jika Anda tidak disiplin.

Disiplin artinya bersedia mematuhi semua rencana perjalanan yang telah Anda susun sendiri. Tujuannya adalah agar liburan Anda bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, untuk menghindari risiko terjadinya perubahan rencana yang dapat mengganggu kenyamanan.

Berkunjung ke Tangerang

Siti Hotel by Horison Tangerang

Banyaknya jumlah lapangan pekerjaan bukanlah satu-satunya alasan bagi orang untuk datang ke salah satu kota di Provinsi Banten ini. Memang, Tangerang merupakan kota industri. Wilayahnya menjadi pusat produksi sejumlah perusahaan besar, baik yang berskala lokal maupun internasional. Namun selain itu, Tangerang juga memunyai daya tarik tersendiri dalam bidang pariwisata.

  • Objek wisata di Tangerang

Bagi backpacker, efisiensi biaya adalah yang paling penting. Tangerang juga bisa menjadi destinasi tepat jika menginginkan liburan hemat.

Berbagai tempat menarik, di antaranya Museum Benteng, Masjid Pintu Seribu, dan Vihara Boen Tek Bio menampilkan unsur sejarah dan kebudayaan kota ini. Sedang objek wisata alam, seperti Situ Cipondoh, Pantai Tanjung Pasir adalah lokasi yang tepat untuk bersantai dan mencari udara segar.

Kota industri ini juga menawarkan beberapa objek wisata kuliner murah meriah. Misalnya Pantai Tanjung Kait dengan deretan warung seafood-nya. Atau di daerah Pasar Lama, di mana terdapat sejumlah rumah makan favorit dengan sajian kuliner khas, seperti siomay Benteng, bubur ayam Ko Iyo, es Buntin, dan sebagainya.

  • Transportasi Umum Tangerang

Jalur darat termudah menuju Kota Tangerang adalah melewati ibu kota Jakarta. Ada dua pilihan transportasi umum dari Jakarta ke Tangerang, yaitu menggunakan bus Transjakarta atau KRL.

Harga tiket Transjakarta Jakarta-Tangerang adalah Rp3.500,00. Sedangkan tiket KRL dibanderol Rp3.000,00 untuk 1 km sampai 25 km pertama, dan Rp1.000,00 untuk 10 km berikutnya.

Masyarakat Kota Tangerang biasa menggunakan moda transportasi umum, seperti angkot dan bus kota, tarifnya mulai dari Rp3.000,00. Penduduk setempat juga masih mengandalkan becak sebagai alat transportasi. Anda juga bisa menggunakannya jika tidak keberatan dengan harga yang ditawarkan, yakni antara Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu-an.

  • Hotel Murah di Tangerang

Tidak sulit menemukan hotel murah di Tangerang. Penginapan kelas backpacker tersebar di beberapa lokasi dalam wilayahnya.

Di antara sejumlah hotel murah di Tangerang, ada satu homestay yang memasang tarif paling rendah. Homestay tersebut berada di Jalan Diponegoro Rajawali Kelapa Dua, dekat Lippo Mall Karawaci. Paling murah, karena tarif menyewa kamar single room (untuk 1 orang) di penginapan ini hanya dibanderol sebesar Rp171.000,00. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas seperti AC, televisi, ranjang bersih, dan kamar mandi umum.

Pilihan hotel murah di Tangerang lainnya adalah sebuah homestay di dekat stasiun Tanah Tinggi, tepatnya di Jl. Meteorologi Al Muhajirin IV No. 15. Selain lokasi yang strategis, harga sewa kamarnya juga murah. Dengan tarif per malam Rp 195 ribu-an, tamu bisa bermalam di kamar ber-AC dan bebas rokok yang berkapasitas 2 orang. Berbagai fasilitas, seperti kamar mandi pribadi dan pancuran, serta sarana hiburan berupa TV satelit sudah tersedia di dalam kamar.

Anda yang berniat melakukan perjalanan ala backpacker, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk memilih salah satu di antara dua penginapan tersebut. Apabila pilihan sudah ditentukan, kunjungi situs seperti Traveloka untuk memesan kamar hotel murah di Tangerang yang diinginkan.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *