Sejarah Taman sari, Wisata Dekat Kraton Yogyakarta

Author : admin Category :wisata July 19, 2014

Taman sari Yogyakarta – Yogyakarta adalah sebuah daerah yang memiliki sejarah panjang tentang perjuangan bangsa Indonsia. Bahkan dulunya ibukota Indonesia juga terletak di kota yang terkenal dengan masakan gudek ini. Maka tak heran disini terdapat beberapa tempat-tempat bersejarah yang sekarang dijadikan obyek wisata. Mengunjungi tempat wisata sejarah selain memang untuk berekreasi juga bisa menambah pengetahuan kita. Salah satu tempat wisata sejarah di Jogja adalah Taman Sari.

Taman-Sari-Yogyakarta

Taman-Sari-Yogyakarta

Taman Sari yang berada di sebelah selatan Kraton Yogyakarta ini merupakan warisan budaya yang hingga kini masih dijaga. Tak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik untuk mengunjungi bangunan yang dulunya digunakan untuk pemandian para raja ini, wisatawan asing juga sering terlihat. Dilihat dari penamaanya Tamansari terdiri dari dua kata yaitu taman dan sari yang berarti indah. Jadi tamansari adalah sebuah taman yang indah yang terletak di belakang kraton. Untuk memasukinya anda bisa melalui jalur belakang. Saat memasuki pintu gerbang biasanya para pengunjung akan ditawari untuk menggunakan jasa guide yang siap menceritakan seluk beluk ataupun sejarah tamansari.

Tamansari dibangun pada jaman kekuasaan Sultan Hamengku buwana I dan selesai pada pemerintahan Sultan Hameng Kubuwana II. Arseitek bangunan tamansari adalah seorang portugis maka tak heran arsitekturnya kental dengan nuansa Eropa. Kendati demikian tetap mempertahankan makna simbolik jawa. Komplek tamansari terdiri dari kolam besar, kanal air, kolam pemandian dan ruang-ruang khusus. Menurut cerita tamansari adalah tempat pemandian bagi para raja yang berkuasa serta keluarganya. Selain itu ada juga bangunan sumur gemuling yang digunakan sebagai mushola untuk beribadah. Di sekitar tamansari ada sebuah lorong, konon lorong tersebut merupakan penghubung antara kraton dan pantai parangkusumo. Lorong tersebut digunakan untuk melakukan pertemuan antara Kraton dan Ratu Pantai Selatan yang dikenal Nyi Roro Kidul. Namun sekarang lorong tersebut sudah ditutup dengan alasan tertentu.

Tamansari adalah bangunan yang memiliki multifungsi. Selain digunakan untuk peristirahatan tamansari juga digunakan untuk benteng pertahanan. Tembok yang mengelilingi tamansari meski umurnya sudah tua namun tetap kokoh. Pada 2006 silam ketika terjadi gempa hebat, benteng tersebut tetap kokoh berdiri. Demikianlah info sejarah tamansari Yogyakarta yang bisa kami berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *