Suasana Mistis dan Romantis di Pantai Parangtritis Jogja

Author : admin Category :wisata July 29, 2014

Pantai Parangtritis, siapasih yang belum mengenal pantai ini? Namanya begitu melegenda dan akrab ditelinga terutama masyarakat jogja. Bukanya tanpa alasan, selain pantai ini menawarkan keindahan alamnya, pantai parangtritis juga selalu dikaitkan dengan sang penguasa pantai selatan yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul. Ada sebuah mitos, konon jika ada seseorang yang datang ke pantai parangtritis dengan pakaian warna hijau orang tersebut akan hilang. Terlepas dari mitos tersebut, pantai parangtritis menawarkan berbagai aktifitas menyenangkan.

pantai parangtritis jogja

pantai parangtritis jogja

 

Lokasi Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis terletak di desa pantai parangtritis, kretek, bantul, DIY. Untuk menuju Pantai parangtritis bisa dibilang sangat mudah, anda tinggal menyusuri jalan parangtritis yang membentang dari pojok beteng wetan Jogja. Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, disana banyak terdapat angkutan umum untuk menuju pantai parangtritis.

Sejarah Pantai Parangtritis

Dari cerita masyarakat setempat, nama pantai parangtritis ini mempunyai sejarah yang melatarbelakanginya. Dulunya ada seorang pemuda yang berasal dari Kerajaan Majapahit dan kemudian bertapa di kawasan pantai parangtrtis ini. Di tempat pertamaanya ia melihat air yang menetes tumaritis dari bebatuan karang. Karena kejadian itulah tempat ini dinamakan parangtritis hingga sekarang.

Fasilitas dan Keindahan Pantai Parangtritis

Secara fisik mungkin anda tidak akan mendapatkan keindahan seperti pantai-pantai di Gunung Kidul yang berpasir putih. Di sepanjang garis pantai parangtritis ini dipenuhi oleh pasir hitam. Namun hal ini justru menawarkan keasyikan tersendiri. Anda bisa bermain dipasir membuat miniature kerajaan, berenang atau bermain bola. Jika ingin yang lebih menantang cobalah untuk mencoba paralayang dari atas bukit atau menaiki ATV. JIka ingin bersantai, bawalah tikar dari rumah kemudian digunakan untuk duduk santai di pinggir pantai bersama keluarga menunggu sunset di pantai parangtritis. Ketika matahari terbenam, keramaian di pantai parangtritis belumlah usai. Saat malam menjelang di sekitar pantai parangtritis banyak penjual jagung bakar yang mulai berdatangan. Menikmati jagung bakar di tepi pantai dibawah bintang-bintang sungguh menciptakan suasana yang romantis. Jika anda ingin menginap, banyak losmen-losmen dengan harga yang terjangkau di kawasan pantai parangtritis jogja ini.

sunset di pantai parangtritis

sunset di pantai parangtritis

Menurut cerita, ketika anda sudah menginjakan kaki di pantai parangtritis, anda sudah berada di kawasan Ratu Pantai Selatan atau yang dikenal Nyi Roro Kidul. Mau percaya atau tidak, yang jelas setiap tahunya selalu diadakan ritual untuk persembahan terhadap Nyi Roro Kidul. Saat waktu itu tiba, suasana mistis pun akan tercipta. Tertarik untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis Jogja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *