Yuk Ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Author : admin Category :wisata July 30, 2014

Gua Pindul Di Gunung Kidul memang menjadi magnit tersendiri di sektor pariwisata Kabupaten Gunung Kidul. Para wisatawan nantinya akan diajak untuk menyusuri gua menggunkan ban sebagai pelampungnya atau yang dikenal dengan cave tubing. Kegiatan susur gua ini memang harus menggunakan ban sebagai pelampung, karena gua pindul terletak di aliran sungai. Tentu wisata yang memadukan antara body rafting dan caving ini mengundang sensasi tersendiri. Penasaran untuk mencoba silahkan saja datang ke Gua Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta.

gua_pindul Jogja

gua_pindul Jogja

Setelah membayar tiket masuk Gua Pindul sebesar Rp 30.000,-/orang anda akan diberi beberapa perlengkapan dan kemudian diajak untuk menyusuri sepanjang 300 meter. Saat perjalanan anda akan disuguhkan keindahan stalagmit berusia ratusan tahun dan stalagtit yang terlihat seperti tirai menempel di langit gua. Di Gua Pindul ini ada satu stalagtit raksasa yang katanya merupakan stalagtit terbesar di dunia. Selain itu ada stalagtit yang oleh warga sekitar dinamakan stalagtit gong. Hal ini dikarenakan saat dipukul, stalagtit tersebut bisa menghasilkan suara layaknya alat music gong. Saat anda sampai ditengah gua, anda akan menemukan tempat semacam kolam yang lumayan luas. Biasanya para pengunjung berenang disini.Secara administrative Gua Pindul terletak di dusun gelara 1, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Seperti yang telah saya katakan tadi, disini sobat akan diajak sensasi menyusuri sungai menuju perut gua menggunakan ban. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapapun, artinya tidak dibatasi usia. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa melakukan cave tubing di gua pindul. Cave tubing gua pindul buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Waktu yang tepat adalah sekitar pukup 10 pagi, karena anda bisa melihat cahaya surga. Cahaya surga merupakan cahaya sinar matahari yang masuk ke Gua melalui lubang kecil yang ada di Gua tersebut.

Selain keindahanya yang memukau, Gua Pindul ternyata juga menyimpan sebuah legenda. Penamaan Gua Pindul ini menurut para warga dikisahkan oleh seorang pemuda bernama joko singgulung. Ia merupakan seorang pengembara yang mencari ayahnya. Suata saat ia memasuki gua tersebut, dan saat hendak masuk ia terbentur oleh batu. Sejak saat itulah gua ini dinamakan Gua Pindul atau singkatan dari Pipi Gebendul.

Perjalanan menyusuri Gua Pindul selama 45 menit berakhir di Bendungan Banyumoto. Bendungan ini merupakan peninggalan Belanda yang masih utuh hingga sekarang. Pemandangan disekitarnya cukup apik dengan pegunungan kars. Kalau anda masih ingin bermain-main, anda juga bisa terjun dari atas bendungan tersebut yang tingginya mencapai 3 meter. Demikianlah ulasan kami tentang wisata Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *