10 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Author : admin Category :kesehatan July 14, 2014

SiputNews – Pisang, buah yang begitu populer di kalangan masyarakat. Biasanya buah yang satu ini digunakan sebagai pencuci mulut atau dikonsumsi setelah makan berat (nasi). Namun taukan anda, pisang ternyata memiliki banyak manfaat. Pisang dapat bermanfaat bagi anak-anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu-ibu yang sedang mengandung. Pisang memiliki 3 gula alami yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 buah pisang, seseorang mampu melakukan ativitas berat selama 90 menit.
manfaat buah pisang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Dari hasil beberapa penelitian diketahui pisang dapat membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit, diantaranya sebagai berikut:

1. Depresi
Dari hasil survei yang telah dilakukan oleh MIND, beberapa pasien yang mengalami depresi merasa lebih baik setelah mengkonsumsi buah pisang. Hal ini dikarenakan kandungan typtopan, yakni sejenis protein yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi serotonin. Zat tersebut dikenal bisa membuat seseorang menjadi tenang dan bisa memperbaiki suasana pikiran.
2. Anemia
Tingginya kandungan zat besi di dalam buah pisang, bisa merangsang produksi hemoglobin. Hal ini akan sangat membantu penderita anemia.
3. Tekanan darah tinggi
Buah-buah tropis seperti pisang ini memiliki kandungan kalium yang tinggi namun rendah garam. Buah-buah seperti itu bisa mengalahkan tekanan darah. Sebuah perkebunan pisang di Amerika mengklaim bahwa buah ini mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
4. Morning Sickness atau mual pada ibu yang sedang hamil
Mengkonsumsi pisang setelah makan, membantu menjaga kadar gula dalam darah dan menhindari mual. Pisang dipercaya mampu mengendalikan emosi ibu yang sedang hamil
5. Bentol Akibat Gigitan Nyamuk
Pisang juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosokan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang digigit nyamuk.

6. Merokok
Pisang bermanfaat untuk membantu seseorang yang ingin berhenti dari merokok. Vitamin b6 dan vitamin B12 yang terkandung dalam buah pisang serta kalium dan magnesium akan membantu tubuh sembuh dari eek penghentian nikotin.
7. Stroke
Dari hasil riset yang berjudul the new england journal of medicene, diketahui mengkonsumsi buah pisang bisa mengurangi resiko kematian yang diakibat stroke sebanyak 40%.
8. Kutil
Nah, buah pisang ternyata juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil. Caranya dengan meletakan kulit pisang bagian dalam pada kutil dan kemudian di plester.
9. Panas Dalam
Pisang mempunyai sifat antacid yang alami di dalam tubuh. Apabila anda mengalami panas dalam cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang.
10. Strees
Kandungan kalium dalam buah pisang bisa membantu menormalkan detak jantung. Pada saat mengaami stress, metabolisme dalam tubuh meningkat drastis sehingga akan mengurangi kadar potasium. Hal ini dapat diseimbangkan dengan mengkonsumsi buah pisang.

Nah, itu tadilah kesepuluh manfaat dari buah pisang untuk kesehatan. Bagi anda yang tidak suka dengan buah ini, cobalah sedikit demi sedikit untuk memakanya karena begitu banyaknya manfaat buah pisang bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *