4 Cara ini Bisa Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Author : admin Category :kesehatan April 25, 2015

Cara Mengetahui Madu Asli Atau Palsu – Madu memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Sayangnya banyak penjual yang curang dengan mencampurnya dengan gula. Alih-alih ingin mendapatkan khasiat dari madu, para pembeli justru mendapatkan “getahnya” lantara kandungan gula yang tinggi. Untuk itu sebelum membeli ketahui dulu apakah madu yang dijual benar-benar asli atau dicampur dengan bahan lain. Ada beberapa cara sebenarnya untuk mengetahui madu tersebut asli atau palsu. Di lansir dari Boldsky berikut empat cara mudah yang bisa anda lakukan

4 Cara ini Bisa Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Cara Mengetahui Madu asli Atau Palsu

1. Tes Api
Madu yang asli memiliki sifat mudah terbakar. Untuk melakukan tes ini gunakanlah lilin dan olesi bagian sumbunya dengan madu. Nyalakan dengan korek api, jika langsung terbakar maka tandanya madu tersebut asli. Namun jika sulit terbakar maka kemungkinan besar terdapat campuran air dalam madu.

2. Tes Air
Ini salah satu cara yang mudah dilakukan untuk melihat madu asli atau palsu. Ambil segelas air lalu tuangkan satu sendok madu kedalamnya. Apabila madu langsung larut dalam air, maka tandanya madu tersebut palsu atau tidak murni. Madu yang asli akan menggumpal dan tidak langsung larut ketika dimasukan dalam air.

3. Tes Kain
Ambil sehelai kain, lalu teteskan madu diatasnya. Madu yang asli atau murni akan tetap berada di atas kain, sedangkan madu yang tidak murni akan langsung meresap.

4. Tes Kertas
Cara terakhir untuk mengetahui madu asli atau palsu adalah dengan menggunakan kertas. Caranya hampir sama dengan cara ketiga diatas. Ambil selembar kertas lalu teteskan madu diatasnya. Jika dibalik kertas terdapat rembesanadu maka bisa dipastikan madu tersebut tidak murni alias ada kandungan zat lain. Sementara madu yang asli tidak merembas pada kertas dan tetap berada diatasnya.

Anda bisa memilih salah satu cara mengetahui madu asli atau palsu diatas. Atau jika anda belum yakin bisa mencoba semuanya. Nah dengan dilakukan pengujian terlebih dahulu anda tidak akan tertipu oleh para penjual yang curang karena mencampur madu dengan bahan lain. Dengan demikian anda bisa benar-benar  mendapatkan khasiat dari madu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *