4 Jenis Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk

Author : admin Category :kesehatan December 1, 2014

Jenis Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk mungkin saat ini sedang banyak dicari. Ya, musim hujan memang identik dengan banyaknya nyamuk yang mengganggu kenyamanan. Mungkin anda juga merasa jengkel ketika saat akan tidur terdengar suara “nging nging” dari nyamuk yang terbang didekat telinga. Tak hanya itu saja, gigitanya juga membuat bentol-bentol di kulit. Serangga kecil ini tak hanya menyebalkan tapi membawa bibit penyakit yang mematikan. Bukan menjadi rahasia lagi jika beberapa jenis nyamuk bisa membawa bibit penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Sebenarnya ada beberapa produk dipasaran untuk mengusir nyamuk ini. Namun beberapa orang merasa tidak nyaman, sehingga mencari pengusir nyamuk yang alami.

4 Jenis Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk

Jika anda adalah salah satunya, maka beberapa jenis tanaman untuk mengusir nyamuk berikut ini bisa anda pilih baik ditanam disekeliling rumah atau di pot. Dengan menggunakan tanaman ini anda dan keluarga bisa bebas dari nyamuk lebih nyaman karena tidak mengandung bahan kimia dan tidak menimbulkan asap layaknya obat nyamuk bakar. Selain itu, tanaman ini juga bisa sebagai penghias rumah. Dengan demikian anda bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus yakni untuk mengusir nyamuk dan untuk penghias rumah. Dilansir dari sidomi, berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

1. Marigold
Marigold merupakan sejenis bunga dengan aromanya yang tajam. Di Indonesia, Marigold dikenal dengan bunga tahi ayam karena baunya yang cukup menyengat. Karena baunya yang menyengat inilah membuat nyamuk tidak betah dan memilih pergi untuk mencari tempat lain.Di balik baunya yang menyengat, Marigold merupakan bunga yang cukup menarik sehingga bisa melengkapi keindahan pekarangan anda atau untuk penghias rumah.

2. Agerantum
Bunga agerantum pada umumnya berwarna ungu dan berukuran kecil. Bunga ini mengadung zat coumarin tidur yang bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menanam bunga agerantum di pot dan kemudian meletakannya di beberapa titik didalam rumah.

3.Geranium
Jika dibandingan dengan bunga agerantum, geranium memiliki ukuran yang lebih besar. Bunga ini juga memiliki bau yang tajam sehingga bisa mengusir nyamuk. Agar benar-benar terindar dari nyamuk, anda bisa menggosokan daunya pada kulit anda.

4. Catnip dan Rosemary
Kedua tanaman ini sudah biasa digunakan untuk dijadikan ramuan pengusir nyamuk. Caranya cukup mudah, rendam daunya dengan air. Setelah itu air rendaman tersebut digosokan pada kulit, maka nyamuk tidak berani mendekat.

Itulah tadi beberapa jenis tanaman untuk mengusir nyamuk. Tanaman tersebut sangat cocok digunakan bagi anda yang tidak suka dengan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia atau obat nyamuk bakar. Selain jenis tanaman diatas , ada juga tanaman lain yang memiliki fungsi serupa seperti tansy, kemangi dan citronella karena memiliki bau yang tak kalah tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *