6 Manfaat Mengunyah Permen Karet Yang Perlu Anda Ketahui

Author : admin Category :kesehatan September 5, 2015

Siapa yang tidak kenal dengan permen karet? Namun tahukah Anda, jenis permen yang satu ini ternyata digolongkan sebagai junk food?  Namun dibalik itu, ternayata ada banyak manfaat mengunyah permen karet, salah satunya adalah meningkatkan kinerja otak. Untuk anak-anak, sejumlah ahli menyarankan agar mereka tidak mengkonsumsi permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan jangan berada di dalam mulut selama 10-15 menit. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang pada tingkat tertentu akan menimbulkan karies gigi. Konsumsi permen karet yang dianjurkan adalah permen karet yang berjenis xylitol, bukan yang memiliki kandungan perasa manis. Meskipun xylitol juga memiliki perasa manis, namun tidak akan difermentasikan menjadi asam sehingga aman bagi kesehatan gigi.

manfaat permen karet

manfaat permen karet

Berikut ini manfaat mengunyah permen karet yang perlu anda ketahui:

Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan mengunyah permen karet membantu Anda untuk membakar kalori, sehingga sangat baik untuk dijadikan bagian dari program diet. Selain itu, permen karet bisa mengurangi rasa lapar sehingga hasrat makan berlebih bisa lebih terkontrol. Jika Anda memang mengalami obesitas, mungkin permen karet bisa Anda pertimbangan sebagai bagian dari diet.

Mengurangi Kantuk

Mengunyah permen karet bisa mengurangi kantuk, setidaknya itulah hasil penelitian dari Conventry University. Hal ini dikarenakan otot-otot yang ada di wajah Anda akan bekerja terus menerus sehingga rasa kantuk itu bisa menghilang.

Mengurangi Stress

Ketika mengunyah permen karet, maka otot-otot yang menegang akan kembali rileks. Serge Onyper, seorang asisten profesor dari St Lawrence University melakukan penelitian yang membuktikan bahwa siswa yang mengkonsumsi permen karet 5 menit sebelum melaksanakan ujian memiliki hasil yang lebih bagus jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mengkonsumsi permen karet 5 menit sebelum ujian.

Sehat Untuk Pencernaan

Manfaat mengunyah permen karet selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan agar bisa bekerja secara baik. Pasalnya, saat mengunyah permen karet Anda akan lebih banyak memproduksi air liur yang kemudian membuat Anda lebih sering menelan air liur tersebut. Hal ini akan meningkatkan motilitas usus dikarenakan air liur yang masuk ke dalam perut bisa mencegah asam lambung.

Meningkatkan Kecantikan

Permen karet bisa juga menunjang penampilan Anda, yaitu dengan mencegah keriput pada wajah. Hal ini sangat dimungkinkan karena saat Anda mengunyah permen karet, maka elastisitas otot-otot wajah akan terlatih sehingga pengeriputan wajah bisa diperlambat kedatangannya.

Meningkatkan Konsentrasi & Daya Ingat

Gerakan yang dilakukan selama mengunyah permen karet dimana melibatkan proses menggigit dan mengunyah berkali-kali bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini kemudian menjadikan otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Nah, kondisi inilah yang membuat otak Anda bisa lebih berkonsentrasi.

Penelitian dari University of Northumbria juga mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa berpengaruh terhadap daya ingat seseorang yang menjadi meningkat. Proses mengunyah permen karet akan meningkatkan detak jantung seseorang sekaligus membuat pasokan oksigen dan nutria yang menuju otak menjadi lebih banyak. Konsumsi permen karet ini juga akan meningkatkan produksi insulin sehingga merangsang bagian-bagian otak yang memiliki kaitan dengan daya ingat manusia. Nah, dengan melihat banyaknya manfaat mengunyah permen karet, maka kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsinya. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsi permen karet terlalu sering, karena sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *