7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif

Author : admin Category :kesehatan April 7, 2016

Cara Mengatasi Gigi Ngilu – Sebagian orang memiliki gigi yang sensitif. Gejala yang sering dialami oleh para pemilik gigi sensitif ini sering merasa ngilu ketika mengkonsumsi makanan asam atau minum es. Sakit gigi memang tak tertahankan, bahkan katanya lebih sakit ketimbang sakit hati. Terkadang keinginan untuk minum air dingin selalu saja menggoda, apalagi ketika cuaca sedang panas panasnya. Namun setelahnya kejadian tak menyenangkan itupun harus dialami oleh para pemilik gigi sensitif. Jika rasa ngilu sudah mendera, lantas bagaiman cara mengatasinya agar kunjung reda? Nah agar derita tidak semakin parah, ada 7 tips untuk mengatasinya. Simak baik cara caranya dibawah ini.

5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dan Sensitif

1. Selalu sedia pasta gigi khusus
Untuk kamu yang memiliki gigi sensitif, selalu sediakan pasta gigi khusus kemanapun kamu pergi. Pasta gigi untuk gigi sensitif ini sudah dirancang untuk mengatasi ngilu karena lapisan email gigi kamu yang tipis. Jika dipakai jangka panjang, pasta gigi ini juga dapat mengurangi sensitifitas gigi. Pasta gigi ini mengandung stronsium asetat, potassium nitrat serta formula novamin. Ketiga bahan aktif tersebut akan membentuk lapisan perlindungan pada lapisan gigi kamu. Dengan demikian rasa ngilu akibat gigi sensitif bisa teratasi.

2. Gosok Secara perlahan
Ketika menggosok gigi lakukan secara perlahan jangan keras keras. Pasalnya jika digosok secara keras akan membuat lapisan email semakin menipis. Gunakan juga sikat gigi yang lembut.

3. Hindari makanan asam
Makanan makanan asam seperti acar, jeruk dan lain sebagainya akan mengikis lapisan email gigi. Agar gigi sensitifmu tidak semakin parah, hindari makanan makanan tersebut.

4. Hindari Kafein
Minuman berkafein seperti kopi tidak baik untuk gigi sensitif. Kurangi atau jika bisa mulailah menghindari minum kopi. Itu akan membuat gigi kamu lebih baik.

5. Minum susu sapi
Susu sapi bisa menstabilkan kalsium, ion fostag dan fluoride sehingga bisa membentuk susunan kristal dan akan menggantikan lapisan email gigi yang telah rusak. Minumlah 1 gelas susu sapi setiap malam dan jangan minum air putih lagi setelahnya.

6. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji memiliki sifat analgesik dan anti inflamasi sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi gigi ngilu karena sensitif. Rebus 4 lembar daun jambu biji sampai mendidih. Ambil airnya dan minum secara teratur.

7. Bawang Putih
Bumbu dapur ini mengandung allicin yang berperan sebagai anestesi untuk mentasi gigi sensitifmu. Belah bawang putih lalu gosokan pada gigi, setelah itu berkumurlah dengan air hangat.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu untuk kamu pemilik gigi sensitif. Memiliki gigi sensitif memang harus sedikit ribet terutama soal makanan. Hindarilah makanan dan minuman yang memicu rasa ngilu seperti jeruk, acar, es, kopi atau alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *