7 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Author : admin Category :kesehatan January 12, 2015

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan – Kita sudah sepantasnya bersyukur hidup di daerah tropis seperti di Indonesia ini. Selain memiliki keanekaragaman hayati, kita bisa merasakan sinar matahari sepanjang tahun. Lain halnya dengan negeri-negeri di eropa yang memiliki 4 musim sehingga  cukup jarang merasakan terik sinar matahari. Tak jarang kita temui ketika musim dingin telah tiba, banyak orang dari negeri 4 musim berduyun-duyun datang ke negeri tropis hanya untuk sekedar berjemur.

manfaat sinar matahari bagi kesehatan

Selain untuk menghangatkan badan, sebenarnya banyak manfaat dari sinar matahari untuk kesehatan manusia. Namun demikian hanya sinar matahari dibawah jam 8 pagi saja yang baik untuk kesehatan. Lantas, manfaat apa saja yang bisa kita ambil dari sinar matahari pagi tersebut? berikut ini ulasan selengkapnya:

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Manusia

Mengobati Penyakit Kulit
Penyakit kulit seperti infeksi jamur, psoriasis bisa diatasi dengan paparan sinar matahari di pagi hari. Jadi apabila anda mengidap penyakit kulit tersebut, cukup berjemur sampai maksimal jam 08.00 pagi, lakukan secara rutin.

Meningkatkan Mood
Ada sebuah penelitian yang mengunggkap dengan menikmati udara bebas dan terik sinar matahari pagi bisa meningkatkan mood sehingga bisa melepaskan stress yang melanda. Selain itu dengan berjemur matahari pagi, bisa mengakibatkan pikiran menjadi rileks. Jadi apabila kepenatan sudah melanda karena pekerjaan sehari-hari, salah satu cara mengatasinya dengan mencari terik matahari pagi. Hal tersebut bisa dilakukan sambil berolah raga seperti jogging, sepedaan dan lain-lain.

Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Dengan berjemur di pagi hari, anda bisa mencegah tumbuhnya beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara dan kanker kolon.

Sistem Imunisasi Tubuh
Sistem imun atau kekebalan sangat vital peranya di dalam tubuh guna melawan berbagai macam penyakit dan virus. Nah dengan bejemur di pagi hari, bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Ketika anda berjemur, maka akan meningkatkan produksi sel darah putih dan gamma globulin yang berguna untuk melawan infeksi.

Tidur dengan nyenyak
Anda mengalami insomnia atau susah tidur? salah satu caranya bisa dengan memanfaatkan sinar matahari pagi. Dengan berjemur, akan meningkatkan kualitas tidur anda. Ketika sinar matahari pagi mengenai mata, saraf optikal akan menerima sinyal. Hal tersebut dapat meningkatkan produksi melatonin, senyawa yang berguna untuk membuat tidur anda nyenyak.

Mencegah penyakit tulang
Sinar matahari pagi mengandung vitamin D, dengan demikian beberapa penyakit tulang seperti multiple sklerosis bisa dicegah hanya dengan berjemur.

Itulah tadi beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang sebaiknya anda tahu. Yang harus anda perhatikan, berjemur terlalu lama juga tidak baik. Untuk itu sebaiknya berjemurlah selama 30 menit atau maksimal 1 jam di bawah sinar matahari pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *