8 Cara Alami Mengatasi Batuk Kering Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Author : admin Category :kesehatan January 24, 2016

Sebelum kita bahas tentang cara alami mengatasi batuk kering, ada baiknya kita ketahui lebih dahulu fakta tentang batuk. Batuk merupakan sifat alami tubuh yang bertujuan untuk membersihkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh, membantu menghilangkan lendir dari paru-paru dan sekaligus pada saluran pernapasan bagian atas. Sayangnya, batuk yang berlebihan membuat kita mendapatkan sejumlah hal yang tidak menyenangkan mulai dari nyeri di tenggorokan, perasaan kering, dan seterusnya. Ada beberapa jenis batuk dan batuk kering adalah salah satunya. Ini adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak yang disebabkan oleh beberapa hal termasuk alergi dan lingkungan yang tidak sehat – berdebu. Bila kita mengalami batuk kering, maka seolah-olah ada sesuatu di tenggorokan yang ingin keluar, namun tidak bisa dikeluarkan sehingga kita batuk terus-menerus.

8 Cara Alami Mengatasi Batuk Kering Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Jika anda sedang menderita batuk kering, dibawah ini ada beberapa cara alami mengatasi batuk kering  yang bisa kita lakukan di rumah :

  1. Cuka sari apel – untuk menerapkannya, kita bisa mencampur cuka sari apel dan madu dalam takaran yang sama menjadi satu. Simpan dalam toples dan ambil 2 sendok makan untuk dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Ini akan menjadi salah satu cara alami yang efektif membantu meredakan batuk kering. Saat memakannya, pastikan untuk menelannya perlahan dan perhatikan pula cara bernapas.
  2. Wortel – wortel memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat banyak sehingga bisa membantu meredakan gejala batuk kering. Untuk menerapkannya, kita bisa membuat jus wortel yang berasal dari 5 buah wortel dengan air. Minum jus wortel 4-5 kali sehari untuk mengurangi batuk kering. Untuk mendapatkan tambahan rasa, kita bisa tambahkan 1 sendok makan madu kedalamnya.
  3. Bawang – kita bisa mengiris bawang tipis-tipis dan membuatnya menjadi jus ekstrak. Setelah itu, campurkan 1 sendok makan bawang dengan madu dan biarkan campuran tersebut selama 5 jam. Kita bisa mengkonsumsinya sebagai cara alami mengatasi batuk kering beberapa kali sehari. Kita juga bisa mencampurkan bawang dengan air mendidih dan lemon untuk membantu menghilangkan dahak.
  4. Berkumur garam – campurkan secangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam untuk berkumur, cara ini bisa membantu mengobati batuk kering. Dengan berkumur air garam maka tenggorokan kita akan merasa lebih nyaman karena air garam dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan kita akibat batuk kering.
  5. Oregano – kita bisa menjadikan oregano sebagai salah satu cara alami mengatasi batuk kering dengan cara sebagai berikut. Rebus oregano dengan secangkir air, saring, dan minum untuk membantu meredakan batuk.
  6. Teh hijau – kita bisa menambahkan madu pada secangkir teh hijau untuk membantu menenangkan tenggorokan dan juga menyembuhkan batuk kering yang mengganggu.
  7. Jahe – ini merupakan salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang akan membantu menenangkan iritasi yang disebabkan oleh sakit tenggorokan. Untuk membuatnya, kita bisa memulainya dengan memotong jahe dalam beberapa potongan kecil, menghancurkannya, menambahkannya ke dalam secangkir air, didihkan, dan minum setelah dingin.
  8. Kunyit –  cara alami mengatasi batuk kering yang bisa kita terapkan di rumah lainya adalah dengan kunyit. Kandungan kurkumin yang tinggi pada kunyit terbukti cukup efektif dalam mengobati infeksi virus yang menjelma sebagai batuk atau pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *