8 Manfaat Buah Melon Yang Sebaiknya Anda Tahu

Author : admin Category :kesehatan December 27, 2014

Manfaat Buah Melon sebenarnya cukup banyak terutama untuk kesehatan. Buah melon dapat digunakan untuk menghindari berbagai penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari buah melon yang sudah familiar di masyarakat adalah dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Dua penyakit mematikan tersebut dapat dicegah hanya dengan mengkonsumsi buah melon. Nah selain itu sebenarnya melon masih memiliki banyak manfaat, dan mungkin diantara anda masih banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang khasiat buah melon terutama untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasan secara lengkapnya

manfaat buah melon

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

1. Mencegah Serangan jantung
Melon mengandung adenosine yang dapat mencegah serta menghentikan penggumpakan sel darah yang memicu serangan jantung bahkan stroke. Dengan menkonsumsi buah melon, maka kandungan adenosine yang ada didalamnya akan memperlancar peredaran sel darah merah sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit terganas di dunia. Sebenarnya ada banyak buah yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit tersebut salah satunya adalah Melon. Lantas kenapa melon bisa mencegah dan bahkan membasmi kanker? jawabanya adalah karena melon mengandung Karotenoid yang merupakan pigmen pemberi warna pada buah serta sayuran. Nah karotenoid tersebutlah yang bisa mencegah kanker khususnya pada kanker payudara dan kanker paru-paru.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah melon selanjutnya adalah untuk menyehatkan mata. Selain mengandung adenoisine dan Karotenoid buah ini juga memiliki kandungan betakaroten. Zat tersebut bisa meningkatkan ketajaman mata serta menjaga kesehatan mata. Cara kerjanya betakaroten ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang kemudian untuk meningkatkan fungsi mata itu sendiri.

4. Membasmi Radikal Bebas
Melon dipercaya mampu membasmi radikal bebas lantaran mengandung antioksidan flavonoid seperti lutein, cyptoxanthin dan zea-xhantin. Antioksidan tersebut mampu melindungi sel-sel serta struktur lain didalam tubuh dari serangan radikal bebas. Kemampuan ini diantaranya dapat melindungi prostat, payudara, paru-paru, endometrium, usus besar dan kanker pankreas.

5. Mencegah Stroke
Dalam setiap 100 gram melon diketahui mengandung 267 miligram elektroli kalium. FYI, kalium merupakan sebuah komponen dari sel yang memiliki peranan penting untuk membantu pengontrolan tekanan darah dan detak jantung. Dengan demikian melon bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

6. Menyehatkan Kulit
Buah melon juga mengandung Kolagen yakni senyawa protein yang dapat mempengarui integritas struktur sel pada jaringan kulit. Selain itu Kolagen dipercaya mampu mempercepat penyembahan luka serta menjaga kulit tetap kencang. Jadi dengan sering mengkonsumsi buah melon, kulit tampak lebih halus dan tidak kering.

7. Menurunkan badan
Memiliki badan yang tidak ideal memang menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Berbagai carapun dilakukan untuk menurunkan berat badan. Jika anda adalah salah satunya cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah melon. Kandungan sodium yang rendah, rendah kalori, bebas kolesterol, serta bebas lemak adalah alasan utamanya. Melon juga bisa memberikan efek kenyang sehingga bisa menunda atau mengurangi lapar karena tingginya kandungan air didalamnya.

8. Meredakan perut mulas
Manfaat buah melon yang terakhir adalah untuk meredakan mulas pada perut. Diantara anda pasti pernah mengalami perut mulas.  Mulas ini biasanya disebabkan oleh makanan yang telah kita konsumsi. Untuk meredakanya anda bisa memakan buah melon, karena mengandung kadar air sampai 90% dan memberikan efek  menenangkan. Dengan demikian melon sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mulas atau mengalami penyakit maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *