8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Author : admin Category :kesehatan August 5, 2015

Mata merupakan indera yang sangat penting. Tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh seseorang jika penglihatannya terganggu. Sejumlah penyakit bisa menghampiri, untuk itu jagalah mata Anda dengan baik.
Berikut 8 tips menjaga kesehatan mata yang kami rangkum dari National Eye Institute, sebuah badan dari departemen kesehatan AS.

tips menjaga kesehatan mata
1. Pemeriksaan Pembesaran Mata
Kebanyakan orang merasa bahwa matanya tidak memiliki masalah dan tidak ada gangguan sama sekali terhadap kemampuannya dalam melihat. Meski demikian, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, karena bisa saja Anda tidak menyadari bahwa sudah saatnyalah menggunakan kaca mata. Hal ini tentu saja agar daya pandang Anda bisa jauh lebih baik. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan pembesaran mata karena sebenarnya banyak jenis penyakit yang bisa diketahui melalui metode ini.

2. Riwayat Keluarga
Tips menjaga kesehatan mata yang kedua, anda harus mengetahui riwayat dari keluarga. Riwayat kesehatan mata dari keluarga Anda sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, ada beberapa jenis penyakit mata yang ternyata bersifat turunan. Semakin cepat Anda mengetahui hal ini, maka semakin cepat pula upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

3. Asupan Makanan
Pada dasarnya, kesehatan mata seseorang bisa didukung lewat asupan makanannya sehari-hari. Dalam hal ini, wortel jelas sudah ada dalam daftar teratas. Selain wortel, Anda bisa juga mengkonsumsi sayuran hijau seperti kubis dan bayam. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa konsumsi ikan salmon sebagai sumber omega 3 merupakan langkah terbaik untuk mendapatkan mata yang sehat.

4. Berat Badan
Berkurangnya daya pandang seseorang bisa juga dipicu oleh faktor kegemukan. Nah, jika Anda memiliki masalah kegemukan, sebaiknya segera jalani program penurunan berat badan. Untuk mendapatkan program yang aman dan sehat sesuai dengan kebutuhan Anda, sebaiknya konsultasikan ke ahli gizi Anda, karena setiap orang memiliki program diet yang berbeda. Satu hal yang pasti mengapa Anda harus menurunkan berat badan adalah karena kegemukan bisa memicu berbagai masalah kesehatan, bukan hanya pada mata saja.

5. Jangan Merokok
Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Bukan rahasia lagi jika merokok sangat merugikan kesehatan tubuh secara keseluruhan, begitu juga dengan kesehatan mata. Pada tahun 2004, departemen kesehatan dan layanan masyarakat Amerika Serikat melakukan penelitian yang menyebutkan bahwa merokok bisa menimbulkan gangguan pada area retina terkait dengan umur sang perokok tersebut. Selain itu, merokok juga bisa menimbulkan katarak dan kerusakan pada saraf mata. Pada tahap yang parah, ketiga hal ini bisa berakhir pada kebutaan.

6.Menggunakan Kaca Mata
Jika Anda memiliki aktivitas yang langsung di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakanlah kaca mata. Sesuaikanlah dengan penampilan Anda, sehingga kesan trendi namun sehat bisa didapatkan sekaligus. Kaca mata akan memberikan perlindungan pada mata Anda dari paparan sinar matahari langsung. Sangat disarankan untuk menggunakan kaca mata yang bisa melindungi mata dari radiasi UV-A dan UV-B. Meskipun kaca mata seperti ini memiliki harga yang lebih mahal, namun untuk alasan kesehatan sepertinya tidak mengapa.

7. Mengistirahatkan Mata
Untuk Anda yang bekerja di depan layar komputer, sebaiknya terapkan peraturan 20-20-20. Ini merupakan metode dimana setiap 20 menit Anda harus menoleh ke area 20 feet di hadapan Anda selama 20 menit. Metode seperti ini akan membantu Anda untuk mengatasi mata lelah.

8. Menggunakan Lensa Kontak
Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan kontak lensa tersebut. Selain itu, simpanlah kontak lensa Anda di tempat yang steril dan gunakan cairan yang khusus untuk membersihkannya. Intinya, untuk mendapatkan mata yang sehat Anda harus menggunakan dan memperlakukan lensa kontak secara benar.

Sekian informasi mengenai tips menjaga kesehatan mata yang sekiranya bisa membantu Anda untuk tetap memiliki pandangan yang tajam bahkan bisa lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *