Awas, Ternyata Obat Herbal Juga Memiliki Efek Samping

Author : admin Category :kesehatan September 17, 2014

Efek Samping Obat Herbal – Mungkin sebagian dari anda yang memiliki penyakit tertentu, lebih memilih obat herbal untuk penyembuhan. Alasan utamanya karena terbuat dari bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia. Akan tetapi jika anda menganggap obat herbal tidak ada efek sampingnya, anda keliru. Obat herbal jika digunakan dengan tepat memang aman, namun jika penggunaanya keliru tentu saja menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

efek samping obat herbal

Sebelum anda mengkonsumsi obat herbal, sebisa mungkin dipelajari dahulu apa saja kelebihan dan kekuranganya. Atau anda bisa berkonsultasi pada pakarnya tentang petunjuk penggunaan dan dosis yang tepat. Jika tidak dilakukan demikian tentu justru akan membahayakan kesehatan anda. Beberapa efek samping obat herbal diantaranya sakit perut, mual, pendaharan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal apabila anda salah dalam mengkonsumsi obat herbal.  Dilansir dari Health me up, berikut ini beberapa efek samping obat herbal yang perlu anda ketahui

Lidah buaya
Selama ini lidah buaya dikenal memiliki banyak khasiat, namun jika terlalu banyak digunakan maka bisa menimbulkan efek negtif. Dampak yang ditimbulkan diantaranya peru sakit dan arrhythmia atau detak jantung yang berdebar-debar secara tidak teratur.

Ginseng
Tumbuhan ginseng adalah jenis tumbuhan yang biasa digunakan untuk obat herbal. Namun bagi sebagian orang yang tidak cocok dengan kandungan didalam ginseng ini bisa menimbulkan muntah, diare, insomnia dan pusing.

Ekstrak Pepaya
Bagi penderita sakit jantung, jika mengkonsumsi ekstrak pepaya dan obat jantung secara bersamaan maka bisa menyebabkan rusaknya saluran pencernaan.

Enzim Pepaya
Jika anda mengkonsumsi pepaya yang memiliki kandungan enzim pepaya jangan bersamaan meminum obat pengencer darah atau yang sering disebut antikoagulan. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan dan diare.

Bawang Putih dan Jahe
Jika anda diharuskan meminum obat pengencer darah, maka janganlah mengkonsumsi bawang putih dan jahe dalam waktu yang sama. Hal ini bisa memicu pendarahan organ didalam tubuh.

Itulah dampak atau efek samping obat herbal yang sebaiknya anda tau. Dari pada harus terkena efek dari obat herbal yang berbaya bagi tubuh, maka sebaiknya gunakan obat herbal secara benar dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada pakar atau ahli dibidang obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *