Bahaya, Jangan Makan Mie Instan Dengan Nasi Ini Akibatnya

Author : admin Category :kesehatan April 14, 2016

Makan mie instan dengan nasi seringkali dilakukan. Alasanya kalau hanya makan mie instan saja perut belum kenyang sehingga ditambah nasi putih. Kalau kamu sering melakukan hal ini, mulailah berhenti dari sekarang. Mie instan memang cukup populer di Indonesia. Pasalnya proses pembuatanya yang praktis  cukup diseduh dengan air panas sudah jadi. Namun sebagian orang hanya menganggapnya mie instan ini  sebagai makanan selingan saja. Habit orang Indonesia kebanyakan belum merasa “makan” jika belum ketemu nasi. Oleh karenanya banyak yang makan mie instan ini sebagai lauk nasi. Hal ini tentu sangat berbahaya, mengapa?

Bahaya, Jangan Makan Mie Instan Dengan Nasi Ini Akibatnya

Dalam satu bungkus mie instan sudah mengandung 350 kalori sampai dengan 450 kalori. Sebagai perbandingan, satu porsi mie instan setara dengan 4 lembar roti tawar, tujuh buah pisang, atau sama dengan sepiring nasi. Bayangkan saja berapa kalori yang masuk kedalam tubuh kalau kamu makan mie instan bersama dengan nasi putih. Setiap manusia rata rata butuh 2000 kalori dalam setiap harinya. Jika lebih dari itu maka bisa menimbulkan obesitas dan penyakit lainya.

Bahaya Makan Mie Instan Dengan Nasi

1. Obesitas
Obesitas atau kegemukan pasti mengintai anda jika sering makan mie instan bersama nasi. Seperti pemaparan diatas, kalori yang dihasilkan dalam satu mie instan dengan sepiring nasi bisa berkisar antara 500 sampai dengan 750 kalori. Belum lagi jika masih ditambahkan telur ataupun daging. Kelebihan kalori dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. Jika lemak menumpuk, tubuh tentunya akan menjadi gemuk.

2. Resiko Kencing Manis
Karbohidrat yang dihasilkan dari mie instan dan nasi, akan diproses dalam tubuh menjadi gula. Nah gula ini nantinya akan diubah oleh pankreas menjadi tenaga. Apabila glukosa atau gula terlalu banyak, maka pankreaspun akan bekerja sangat berat. Jika terjadi secara terus menerus, pankreas menjadi tidak mampu  atau kemampuanya berkurang untuk menghasilkan insulin untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa tersebut. Akibatnya glukosa semakin menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan diabetes.

3. Resiko Penyakit jantung
Mie instan mengandung sodium yang cukup tinggi. Apabila kamu tidak membatasi dalam mengkonsumsi mie instan, maka resiko mengalami penyakit jantung akan semakin tinggi.

4. Resiko kanker
Mie instan juga mengandung lapisan khusus agar mie tidak lengket. Lapisan tersebut sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu mie instan mengandung MSG yang tinggi. Nah kedua bahan tersebut bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Jadi pada intinya Bahaya makan mie instan dengan nasi adalah kalori yang cukup tinggi. Kelebihan kalori ini akan memicu obesitas dan diabetes. Selain itu mie instan juga mengandung bahan bahan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu sebaiknya membatasi mengkonsumsi mie instan atau bahkan menghindarinya. Konsumsilah makanan makanan sehat seperti sayuran, buah atau lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *