Berikut Buah Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Author : admin Category :kesehatan November 11, 2015

Buah Penurun Kolesterol Tinggi – Tahukah anda, ternyata ada beberapa jenis buah penurun kolesterol? Di zaman yang sudah serba modern ini, masih banyak sekali orang yang masih mempercayakan pengobatan untuk penyakit yang dideritanya dengan cara yang lebih alami. Salah satunya dengan memanfatkan segala sesuatu yang ada di bumi ini. Buah tak luput menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ogah mengunakan obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia atau bisa juga yang memanfaatkan bahan alami sebagai pendamping obat dari dokter.
Sebenarnya, untuk mengatasi kolesterol adalah dengan cara mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tentunya menjauhi berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol dan lemak terlalu tinggi. Karena hal itu dapat memicu semakin meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal itu akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan mengkonsumsi buah-buahan penurun kolesterol berikut ini.

Berikut Buah Penurun Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Jeruk nipis, tomat, dan buah delima adalah beberapa jenis buah yang memiliki kandungan flavonoid. Senyawa flavonoid memiliki fungsi sebagai penghambat produksi LDL yang bisa meminimalisir resiko serangan jantung dalam tubuh. Namun, diantara ketiga buah penurun kolesterol itu, jeruk nipislah yang paling banyak mengandung senyawa flavonoid.Tidak hanya pada jeruk nipis, tomat dan delima, ternyata apel juga bisa membantu mengendalikan kolesterol.  Apel memiliki sumber beta glucan yang terdapat pada serat larut di dalamnya. Fungsi dari beta glucan itu sendiri adalah untuk membantu proses pengontrolan penyerapan dan produksi kolesterol. Beta glucan juga bisa didapatkan dari apel dan pir yang dimakan beserta dengan kulitnya, wortel, kacang panjang, dan sayur jenis polong-polongan lainnya. Pengendalian produksi kolesterol juga dipengaruhi oleh adanya senyawa likopen. Kita bisa mendapatkan senyawa likopen dari jambu biji merah, tomat merah dan semangka yang warnanya juga merah.Kolesterol juga bisa diredam dengan senyawa pantotenat.

Buah penurun kolesterol yang mengandung senyawa pantotenat adalah alpukat. Hal ini menyebabkan alpukat menjadi buah yang baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol. Selain itu, buah mangga juga bisa membantu mencegah kolesterol jahat teroksidasi karena buah mangga mengandung banyak vitamin C yang bisa menghindarkan terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah. Di Amerika,banyak sekali ahli kesehatan yang menggunakan blueberry sebagai buah penurun kolesterol. Bluberry diyakini mengandung senyawa pteristilbene sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Fungsi dari pterisilbene sendiri adalah sebagai antioksidan dalam tubuh.
Masih serupa dengan blueberry, anggur juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol karena mengandung senyawa catechin.

Banyak sekali orang yang sedang menderita kolesterol tinggi namun tidak tahu bahwa disekitar mereka terdapat buah-buahan yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya mengkonsumsi buah penurun kolesterol secara rutin dan tetap mengkonsumsi buah-buahan setelah kolesterol turun sebagai bagian dari diet sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *