Cara Mengatasi Maag Secara Alami

Author : admin Category :kesehatan August 27, 2015

Cara mengatasi maag secara alami – Anda sudah menderita maag sejak lama dan selalu mengkonsumsi obat namun tak kunjung sembuh? Perlu dipahami bahwa banyak faktor yang bisa membuat seseorang menderita maag. Jadi, konsumsi obat secara terus menerus tidak akan menjamin bisa menyembuhkan derita maag Anda. Bagaimanapun juga, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menyikapi penyakit yang satu ini.Apabila Anda ingin menghilangkan ketergantungan obat ini untuk jangka panjang, maka beberapa cara di bawah ini mungkin bisa Anda terapkan.

Cara Mengatasi Maag

Cara mengatasi maag secara alami

Jangan Memikirkan Banyak Hal

Penyakit maag sangat terpengaruh dari kondisi psikologis seseorang. Ketika ia berpikir dengan terlalu keras, maka besar kemungkinan akan terjangkit maag dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan pikiran tersebut akan menjadi beban yang secara tidak langsung mempengaruhi kondisi fisik. Jadi, cukup pikirkan hal-hal yang penting saja. Termasuk untuk hal-hal yang belum terjadi, tidak perlu Anda perhatikan secara berlebih karena masa depan tetaplah sebuah msiteri. Membuat diri Anda lebih nyaman sudah cukup sebagai langkah awal untuk menghadapi penyakit maag.

Mengendalikan Emosi

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa emosi memiliki peranan penting di dalam kesehatan. Ketika emosi tidak bisa dikendalikan, maka tubuh akan merasakan pengaruhnya secara nyata. Pada dasarnya, setiap bagian di dalam tubuh manusia memiliki hubungan dan bisa berujung pada meingkatnya asam lambung. Terlebih jika emosi seseorang menjadi meledak, dadanya akan terasa sesak dan kepala menjadi pusing. Jadi, jangan selalu memikirkan masalah karena bisa memicu Anda untuk emosi.

Hindari Stres

Jika Anda benar-benar ingin bebas dari penyakit maag, maka jalanilah pola hidup yang terbebas dari rasa stres dan depresi. Ambillah tindakan yang sesuai dengan norma di dalam agama dan masyarakat. Lakukan pekerjaan dan selesaikan tanggung jawab Anda sesuai dengan waktunya sehingga jadwal Anda bisa lebih tertaur. Selain itu, jangan terlalu membesar-besarkan masalah ataupun menciptakan masalah baru. Hal seperti ini hanya akan menguras pikiran, waktu, dan energi Anda sehingga hati semakin lelah.

Refreshing

Cara mengatasi maag secara alami selanjutnya adalah dengan meluangkan waktu Anda untuk melakukan refreshing sesekali. Penderita maag sangat membutuhkan pikiran, suasana hati, dan juga kondisi hati yang stabil. Maka dari itu, sebisa mungkin atur waktu Anda secara berkala untuk refreshing. Jika sakit maag terus menyerang Anda, tidak ada salahnya untuk bepergian ke desa dan menikmati suasana yang asri, hijau, dan tenang. Kondisi seperti ini secara tidak langsung bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit maag.

Mengistirahatkan Jiwa

Istirahat jiwa adalah kegiatan yang lebih bersifat spiritual dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa ibadah dan kesehatan jiwa raga memiliki hubungan yang erat. Tidak peduli seberapa padatnya aktifitas Anda, luangkanlah waktu Anda untuk melakukan ibadah karena itu sudah menjadi kebutuhan jiwa dan raga manusia.

Jaga Waktu dan Jenis Makanan

Setiap orang akan sepakat bahwa penyakit maag bisa dihindari dengan menjaga dan mengatur pola makan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung. Anda harus lebih dispilin, termasuk dengan menghindari bangun siang. Jika Anda terbiasa bangung siang, maka secara otomatis perut akan berada dalam kondisi kosong. Jika sudah demikian, maka berpotensi membuat perut menjadi sakit. Usahakan untuk mengisi perut Anda sebelum merasa lapar, karena jika mengisinya setelah lapar, maka perut akan terasa sangat perih.

Secara umum, kenaikan asam lambung lebih cenderung disebabkan oleh tindakan dan kebiasaan yang tidak ramah terhadap jiwa, pikiran, dan tubuh. Untuk itu, sebisa mungkin perhatikanlah jiwa, pikiran, dan tubuh Anda. Semoga informasi mengenai cara mengatasi maag secara alami di atas bisa membantu Anda untuk terbebas dari penyakit maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *