Cara Menyembuhkan Bipolar Disorder

Author : admin Category :kesehatan August 15, 2014

Bipolar Disorder namanya begitu mencuat beberapa waktu terakhir ini. Ya hal ini dikarenakan gangguan bipolar ini dialami oleh salah satu publik figur di tanah air yaitu marshanda. Perilaku “aneh” marshanda yang tidak bisa mengontrol emosi adalah indikasi bintang sinetron bidadari tersebut mengidap gangguan bipolar disorder. Bahkan ia mengakui sendiri bahwa dirinya mengalami gangguan bipolar yang mengharuskanya meminum obat setiap hari.

penyakit Bipolar-Disorder

ilustrasi penderita bipolar disorder

Bagi orang awam, tentu dibuat bertanya-tanya apa itu gangguan bipolar? dan bagaimana ciri-cirinya? Bipolar disorder adalah kelainan yang ditimbulkan tidak seimbangnya cairan di otak atau neurotransmitter yang mengakibatkan perubahan mood secara ekstrim dan tiba-tiba. Pengidap Bipolar disorder akan mengalami perubahan perilaku yang begitu cepat dan suasana hatinya akan berganti dengan tiba-tiba. Perubahan mood ini terjadi diantara dua kutub (bipolar) yang sangat berlawanan yakni kesedihan (depresi) dan kebahagiaan (mania).

Dr. Nurmiati Amir SpKJ seorang pakar kesehatan mental mengatakan, penderita bipolar sekilas tidak berbeda dengan orang yang sehat. Mereka juga pintar dan bisa mempunyai pekerjaan sama dengan orang sehat pada umumnya, hanya saja mood atau perasaanya sering berganti secara tiba-tiba. Menurutnya ada beberapa cara menyembuhkan Bipolar Disorder diantaranya dengan edukasi, terapi dan dengan meminum obat.

Penderita Bipolar Disorder bisa meminum obat untuk menekan moodnya agar tidak berubah drastis. Obat itu tujuanya untuk menormalkan kimia otak, sehingga emosinya lebih bisa terjaga. Bipolar Disoreder adalah gangguan yang kompleks bahkan sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk menyembuhkanya. Obat-obat yang diminum hanya untuk menekan saja, bukan untuk menyembuhkan secara total. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati gangguan Bipolar Disorder adalah dengan edukasi yakni dengan memberikan anjuran untuk memperbaiki gaya hidup. Edukasi yang dimaksudkan diantaranya adalah menganjurkan penderita bipolar untuk tidur teratur, tidak mengkonsumsi alkohol serta mengatasi stesor. Sedangkan psikoterapi berguna untuk membuat penderita bisa berhubungan baik dengan pasangan, keluarga dan masyarakat.

Itulah tadi beberapa cara untuk menyembuhkan bipolar disorder. Memang ada beberapa kendala untuk menyembuhkan bipolar disorder seperti tidak patuhnya penderita terhadap saran dokter, penyakit fisik lain yang dialami pasien dan yang paling sulit adalah pasien yang tidak atau malas meminum obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *