Gejala Dan Pengobatan Trypophobia, Penyakit Takut Lubang

Author : admin Category :kesehatan September 7, 2014

Trypophobia Penyakit Takut Lubang – Fobia merupakan ketakutan yang dialami oleh seseorang terhadap suatu obyek yang menimbulkan dampak nyata. Selama ini mungkin jenis fobia seperti hydrophobia atau ornithophobio sudah akrab di telinga. Namun pernahkah anda mendengar trypophobia? Jenis fobia yang satu ini merupakan ketakutan ketika melihat lubang kecil yang jumlahnya banyak. Kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengobatinya? simak ulasan siputnews berikut ini

Trypophobia-takut pada lubang

Gejala Trypophobia
Seseorang yang mengalami trypophobia akan merasa gelisah dan bahkan sampai mengalami gatal di sekujur tubuh ketika melihat obyek yang terdapat banyak lubang pada permukaanya seperti spons, sumsung tulang, biji bunga teratai dan lainya. Pada umumnya penderita trypophobia akan mengalami dua kemungkinan yakni berani melihat kemudian melupakanya namun ada pula yang merasa pusing dan eneg setelah melihat lubang tersebut.Berikut ini reaksi yang dialami seseorang yang mengalami fobia seperti trypophobia:

  1. Panik dan mengalami rasa takut berlebihan saat berhadapan dengan sumber rasa takutnya.
  2. Mengalami cemas dan akan berdampak pada organ tubuh yang tidak berfungsi secara optimal.
  3. Mengeluarkan keringat, jantung berdegub kencang, panik, ceas dan bahkan sulit bernafas.
  4. Pada penderita anak-anak akan tantrum dan terus menangis.

Penyebab Trypophobia
Sampai saat ini belum diketahui penyebab fobia yang cukup aneh tersebut. Beberapa kalangan meyakini bahwa Trypophobia sudah dialami sejak anak-anak. Kemungkinan besar yang terjadi adalah mengalami traumatis saat memasuki tahap awal kehidupan. Karena belum diketahui asal-usulnya hingga detik ini belum ada semacam tes atau diagnosa untuk memeriksa fobia ini.

Pengobatan Trypophobia
Pada dasarnya tidak semua fobia membutuhkan pengobatan. Hanya saja jika berdampak pada kehidupan sehari-hari maka disarankan untuk melakukan terapi untuk mengatasi ketakutan si penderita. karena Trypophobia belum diketahui secara pasti penyebabnya maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan cara konsultasi neurolinguistik, perilaku kognitif, dan konsultasi psikolog. Terapi dengan cara hipnoterapi, terapi perilaku serta konseling sudah terbukti efektif untuk mengobati penderita fobia. Hal ini dikarenakan sebagian besar fobia terjadi karena masalah emosional. Baca juga phobia aneh lainya.

9 thoughts on “Gejala Dan Pengobatan Trypophobia, Penyakit Takut Lubang”

  • Udah biasa lihat gambar seperti itu sih, tapi pas mendengar “phobia” tiba-tiba saya jadi merinding….

  • Luqman says:

    Min kenapa ada gambarnya gue hampir banting HP gue.itu penyakit gue

  • vlad says:

    Jangan kuatir bagi yang menderita karena Trypophobia..

    Saya juga sebelumnya seorang penderita yang parah.. Setelah melihatnya saya terus dihantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari dan membuat saya gelisah bahkan sampai terbawa mimpi..

    Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Trypophobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dalam situs-situs tersebut dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya..

    Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya sampai bolong-bolong begitu tanpa diobati secepatnya kan..

    Alhasil, setelah tiga hari berturut-turut saya ‘pantengi’ gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. ‘kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa…’ Hehehe…..

    Selamat mencoba dan semoga segera sembuh…

  • tinna says:

    emang nya kalo di pantengin terus gak malah terus ingat kah? soal nya saya ke bayang” juga nih.. sampe merinding dan jijik sendiri

  • Rima says:

    Gak tau kenapa ya, kok saya berfikir tes trypophobia kaya dibuat2. kalo asli ada tangan bolong & ada larvanya seperti itu, siapa yg gak ngilu coba ???

    Terus kalo merinding kenapa disebut penyakit psikis? padahal umumnya orang yg liat pasti merinding. itu mah naluri kali, bukan penyakit..

    Lagipula apa sih tujuan dari kita disuruh liat gambar2 itu?? pake diedit2 pula, niat bener ngibulinya. sama aja kita disuruh ngebayangin sesuatu yg mengerikan tapi bukan kenyetaan..

    ini niat ngetes apa hipnotis ya ???

  • vita says:

    Hp saya sering kebanting smnjak bredar gambar2 ini di fb bahkan di iG.apa lg teman2 pd kagetin dg sengaja nunjukin gambar2 itu. Makin mnjadi rasa trauma saya. Dmn saya harus berobat… :'(

  • vita says:

    Bener2 gk bs tidur. Gara2 gambar ini. Seakan akan tangan berlubang2 ini meraba leher dan pipi saya.

  • cleopatra says:

    Sy tdk tau istilahnya. Tp sy megalaminya. Br tau arti thirophobia baru2 ini. Tp sampe skrg sy msh merimding dan gatal2 jk lht hal2 tsb terutama rumah lebah. Krn gambaran yg sy lht adalah spt penyakit kulit yg berlubang (borok) . Shg spt jijik dan mual. Sy msh bljr menghilangkan tp nlm berhasil. Lht lubang2 banyak sj sdhngatal semua badan.

  • satria says:

    saya merinding tapi kok gemes ya lihat gambar itu pingin saya kopek2 lukak lobang2 nya iya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *