Gejala Neuropati Perifer Serta Penyebab Dan Pengobatanya

Author : admin Category :kesehatan April 30, 2016

Gejala Neuropati Perifer – Istilah Neurapati umum digunakan pada gangguan safat. Neuropati sendiri memiliki arti kerusakan saraf dengan definisi yang luas. Saraf didalam tubuh manusia semua berpotensi mengalami kerusakan. Berdasarkan lokasi safat, Neuropati sebenarnya dibedakan menjadi beberapa jenis seperti neuropati perifer, otonom, kranial, dan fokal. Penyakit ini mungkin tidak anda sadari, padahal bisa terjadi setiap hari. Gejala umumnya yang sering terjadi adalah kaki kesemutan, kram hingga mati rasa. Untuk jenis neuropati perifer ini cukup berbahaya.

Gejala Neuropati Perifer Serta Penyebab Dan Pengobatanya

Neuropati perifer adalah gangguan saraf yang terjadi pada luar otak dan tulang belakang. Gangguan ini akan mempengaruhi saraf anggota gerak seperti jari tangan, lengan, tungkai, dan kaki. Dan berikut ini beberapa gejalanya yang wajib kamu ketahui

Gejala Neuropati Perifer Pada Saraf Motorik

  • Massa otot menurun
  • Sulit mengangkat kaki bagian depan yang menyebabkan sulit berjalan
  • kelumpuhan pada salah satu atau beberapa otot
  • Kram dan kedutan

Gejala Neuropati Perifer Pada Saraf Sensorik

  • Sensasi kesemutan hingga seperti tertusuk
  • Perih dan menyengat pada kaki dan tungkai
  • menurunya kemampuan merasakan sakit
  • Bagian kaki mengalami perubahan suhu
  • kehilangan koordinasi dan keseimbangan

Banyak hal yang menyebabkan gangguan neuropati menimpa seseorang. Kerusakan saraf sering dipicu karena cedera. Ini terjadi biasanya karena aktivitas aktivitas tertentu atau kecelakaan. Selain itu seseorang yang mengalami diabetes memiliki resiko yang tinggi terkena neuropati. Neuropati perifer yang menimpa seseorang yang mengidap diabetes kemudian disebut neuropati diabetes. Selain kedua hal tersebut ada beberapa penyebab lainya seperti infeksi, tumor, keturunan, alkohol, obat obatan dan racun.

Nah untuk menentukan seseorang apakah terkena neuropati, biasanya dokter akan menanyakan Gejala Neuropati Perifer seperti diatas. Selain itu juga akan dilakukan tes salah satunya adalah tes darah. Beberapa tes lainya juga perlu dilakukan untuk mendiaognosis neuropati seperti CT Scan, MRI, X0Ray, EMG dan NVC. Hal ini penting dilakukan karena akan menentukan seperti apa pengobatan yang akan dilakukan. Pengobatan penyakit neuropati ini dilakukan tergantung penyebab neuropati sejak awal. Jika penyebab dasar terobati maka penyakit ini juga akan sembuh dengan sendirinya. Selain obat obatan dari dokter, penderita neuropati juga bisa melakukan beberapa perawatan seperti selalu memakai alas kaki saat keluar rumah, potong kuku jari, cuci kaki dengan air hangat lalu keringkan, memijat kaki untuk memperlancar sirkulasi darah hingga menggunakan kaos kaki yang tebal guna mencegah iritasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *