Hati Hati, 9 Makanan Ini Bisa Jadi Racun Saat Dipanaskan

Author : admin Category :kesehatan May 13, 2016

Siputnews.com – Menghangatkan kembali masakan yang masih sisa ternyata berbahaya. Beberapa makanan bisa jadi racun ketika dipanaskan kembali. Hal ini mungkin tidak kita sadari dan sering dilakukan. Namun sebuah penelitian mengunggakapkan jika kebiasaan tersebut bisa membahayakan untuk tubuh. Sebab memanaskan kembali masakan yang masih sisa akan membuat makanan tersebut berubah jadi zat yang beracun. Apa saja makanan yang dimaksud? berikut ini 9 diantaranya

Hati Hati, 9 Makanan Ini Bisa Jadi Racun Saat Dipanaskan

9 Makanan Yang Bisa Jadi Racun Saat Dipanaskan

1. Jamur
Ketika memasak jamur, bautlah secukupnya saja alias sekali santap. Sebab jika dipanaskan kembali kandungan protein serta zat zat lain dalam jamur bisa berubah jadi racun. Pada beberapa kasus, jamur yang dipanaskan kembali juga bisa mengganggu kinerja jantung.

2. Kentang
Kentang merupakan makanan yang sehat ketika dimasak dengan cara direbus. Akan tetapi fakta mengejutkan terungkap, kentang bisa menjadi racun ketika dipanaskan menggunakan microwave.

3. Ayam
Hal ini sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Ketika masih ada sisa ayam yang sudah dimasak, biasanya akan dipanaskan kembali keesokan harinya. Baiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab kandungan protein yang tinggi pada ayam bisa menjadi racun ketika dipanaskan kembali. Racun ini akan mempengarui kesehatan pencernaan.

4. Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun ketika telur dimasak dengan suhu yang sangat tinggi, nutrisi yang terkandung didalamnya akan hilang dan kuning telur bisa berubah menjadi racun.

5. Lobak
Jenis sayur sayuran memang menyehatkan dan nutrisinya baik untuk tubuh. Begitu juga dengan lobak. Akan tetapi saat dipanaskan, lobak akan mengelurkan zat asam yang bisa mengganggu kesehatan perut.

6. Seledri
Selederi sering hadir dalam menu kita sehari sehari. Sayuran ini mengandung nitrat dan ketika dipanaskan akan berubah menjadi nitrit. Zat ini ternyata membahayakan bagi tubuh.

7. Nasi
Ketika beras sudah dimasak dan menjadi nasi, baiknya langsung dikonsumsi itu juga atau dalam jangka waktu yang tidak lama. Pasalnya jika dipanaskan kembali, akan tumbuh spora yang menghasilkan bakteri.

8. Sayuran hijau
Jenis jenis sayuran hijau adalah makanan yang menyehatkan. Namun jangan mengolahnya sampai terlalu matang karena nutrisinya justru akan hilang. Selain itu jangan memanaskanya kembali, sebab nitrat dan vitamin K yang terkandung didalamnya akan menjadi racun yang merusak saraf.

9. Buah Bit
Buah ini mengandung magnesium, zat besi serta kalsium yang bagus untuk tubuh. Akan tetapi memanaskan buah bit untuk dikonsumsi kembali sangat berbahaya karena bisa menghasilkan sel kanker.

Itulah deretan makanan yang bisa jadi racun ketika dipanaskan kembali. So mulailah untuk meninggalkan kebiasaan memanaskan kembali makanan sisa. Baiknya buatlah makanan yang bisa habis dalam sekali makan atau dalam jangka waktu yang tidak lama. Sebab makanan makanan diatas akan berubah jadi racun yang menggnggu kesehatan tubuh jika dipanaskan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *