Ini Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dengan Posisi Salah

Author : admin Category :kesehatan November 8, 2014

Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan komputer – Mungkin anda berfikir jika rasa sakit seperti keselo disebabkan oleh aktivitas yang berat. Namun anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, pasalnya hanya duduk seharianpun bias menyebabkan rasa sakit di bagian otot. Selain itu terlalu lama duduk juga berpotensi menimbulkan beberapa penyakit seperti stroke, jantung bahkan bisa mati secara mendadak. Menurut Steven Conway seorang chiropractor dari Athena mengatakan manusia itu terlahir untuk bergerak.

akibat duduk terlalu lama didepan komputer

Mungkin sebagian dari anda yang dituntut untuk duduk terlalu lama didepan komputer dalam pekerjaan sering mengalami sakit pada bagian pinggang atau kepala terasa berat, namun tidak diketahui penyebabnya. Nah kemungkinan besar, rasa sakit tersebut timbul karena posisi duduk anda yang salah dan terjadi dalam waktu yang lama. Dilansir dari huffington Post, berikut ini beberapa rasa sakit yang disebabkan posisi yang salah dalam duduk dengan waktu yang cukup lama dan solusinya.

Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dengan Posisi Salah

  1. Punggung Bagian Bawah Sakit
    • Masalah : Tinggi kursi tidak sesuai sehingga membuat anda membungkuk.
    • Solusi     : Atur ketinggian kursi atau ketinggian meja sehingga posisi punggung anda bisa normal / tidak membungkuk.
  2. Punggung Bagian Tengah Sakit
    • Masalah  : Posisi punggung yang membungkuk dan badan kurang bergerak
    • Solusi      : Perbanyak bergerak setidaknya setiap 20 menit lakukan pergerakan pada bagian kepala, leher dan pundak.
  3. Tangan Atau Pergelangan Sakit
    • Masalah  : Posisi keyboard yang salah sehingga menimbulkan mati rasa, kesemutan, dan rasa sakit pada bagian pergelangan tangan.
    • Solusi      : Usahakan agar posisi keyboard tetap datar. Atur ketinggian kursi atau meja sehingga posisi tangan tetap siku 90 derajat dan lengan anda dekat dengan tubuh.
  4. Leher Sakit
    • Masalah  : Posisi duduk yang membungkuk dan mata anda melihat layar terlalu kebawah adalah penyebab rasa sakit pada bagian leher.
    • Solusi       : Atur posisi layar sehingga antara mata dan layar bisa sejajar.
  5. Dengkul Sakit
    • Masalah  : Posisi kaki yang menyilang atau tidak menapak ketanah bisa menimbulkan mati rasa, kesemutan hingga nyeri.
    • Solusi     : Tempat kaki anda di kolong meja dan jika tidak mencapai tanah atau lantai gunakan tumpukan buku atau barang lainya. Jika anda ingin menyilangkan kaki, sebaiknya silangkan pada bagian pergelangan bukan pada bagian lutut.

Setidaknya ada 5 masalah atau akibat duduk terlalu lama didepan komputer dengan posisi yang salah. Nah jika posisi duduk anda salah, maka sebaiknya diatur sebelum rasa sakit tersebut menghampiri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *