Ini Gejala Atau Tanda-Tanda Neuroblastoma Yang Dialami Ashira

Author : admin Category :kesehatan November 19, 2014

Ini Gejala Atau Tanda-Tanda Neuroblastoma Yang Dialami Ashira – Neuroblastoma adalah kanker yang menyerang sistem saraf pada anak-anak. Sekitar 75%, Neuroblastoma diderita oleh anak-anak yang berumur di bawah 5 tahun. Kendati demikian kanker jenis ini memang masih tergolong penyakit yang langka dan masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya. Belakangan kanker saraf ini mencuat setelah adanya pemberitaan seorang balita bernama Ashira Shalca Riko yang mengidap neuroblastoma. Awalnya orangtuanya mengira putri kesayanganya itu hanya menderita masuk angin karena perutnya keras dan kembung. Namun tak disangka didalam tubuh balita cantik dari pasangan Wahyu Fathir Riko Yoi dan Reivina Raymond ini terdapat kanker ganas.

Tanda-Tanda Neuroblastoma

Tanda-tanda neuroblastoma yang di derita Ashira memang tidak begitu tampak. Awalnya sang Ayah, Riko hanya mengira Ashira mengalami kembung biasa. Akan tetapi sakit perut yang dialami Ashira tidak lekas sembuh. Saat itu balita yang menyukai warna pink ini perutnya sakit dan tampak membesar. Ketika disentuh, perut Ashira terasa keras. Sejak saat itulah Ashira kehilangan nafsu makan. Dari keterangan Riko diketahui belakangan Ashira mudah sakit karena imunitasnya menurun. Melihat kondisi anaknya yang tak kunjung membaik, Roko dan Reivina kemudian membawanya ke dokter anak. Dari hasil pemeriksaan dokter inilah diketahui adanya tumor dengan ukuran 12 cm x 11,5 cm di perut bagian kanan. Tumor ini sudah menekan organ lain didalam tubuh Ashira seperti ginjal, hati dan usus. Sang Dokterpun mendiagnosa, Ashira mengalami Neuroblastoma.

Sempat di konsultasikan di RSCM, Riko dan Reivina akhirnya memutuskan untuk membawa Ashira ke Ghuangzhou Modern Cancer Hospital yang ada di Tiongkok. Di rumah sakit inilah diketahui Ashira positif mengidap Neuroblastoma stadium 4. Kendati demikian Ashira tidak langsung diperasi lantaran kondisinya belum stabil. Dokter kemudian melakukan pengambilan jaringan, guna melakukan langkah lebih lanjut penanganan Ashira. Akan tetapi saat proses itu dijalankan, Ashira mengalami pendarahan di ulu hati karena tekanan tumor. Setelah proses pengambilan jaringan selesai, dokter akan memberikan imunitas untuk menstabilkan kondisi tubuh Ashira. Akan tetapi sebelum tindakan tersebut dilakukan, kondisi ashira semakin memburuk dan ia menghembuskan nafas terakhir.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti penyakit neuroblastoma. Jika anak anda mengalami gejala atau tanda-tanda Neuroblastoma seperti yang dialami Ashira diatas segeralah di bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Selain perut membesar dan keras, gejala lain yang mungkin ditemukan adalah kulit menjadi pucat, kelelehan dalam waktu yang lama, badan terasa tidak enak dalam waktu yang lama, keringat berlebihan, rewel, gerakan mata tidak terkendali dan disekitar mata ada lingkaran hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *