Ini Penyebab Bell’s Palsy, Penyakit Yang Menyerang Rano Karno

Author : admin Category :kesehatan March 2, 2015

Penyebab Bell’s Palsy – Rano Karno belakangan ramai diperbincangan baik di media online ataupun di televisi. Aktor kawakan yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten itu terserang Bell’s Palsy. Hal itu membuat separuh wajahnya lumpuh atau tidak bisa digerakan. Meski demikian dirinya masih berusaha untuk melaksanakan tugasnya menggantikan Ratu Atut karena tersandung masalah hukum. Lantas apa sebenarnya penyakit bell’s palsy ini, dan apa penyebabnya?

Ini Penyebab Bell's Palsy Penyakit Yang Menyerang Rano Karno

Bell’s Palsy adalah penyakit saraf yang menyerang saraf fasialis atau wajah dan menyebabkan satu sisi wajah tidak bisa digerakan. Penderita bell’s palsy akan kesulitan satu sisi wajah sehingga akan terlihat “merot”atau miring. Penyakit ini sangat berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada salah satu sisi wajah ditandai dengan kesulitan untuk menggerakan mata, otot wajah dan tidak bisa meniup. Penderita bell’s palsy ini tidak dibatasi umur artinya semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua bisa terserang. Dari beberapa kasus bell’s palsy yang terjadi, sebagian besar hanya sementara waktu saja. Beberapa diantaranya ada yang dalam hitungan hari, minggu dan maksimal bisa 6 bulan. Namun demikian ada juga yang mengalami penyakit ini hingga tahunan bahkan belum bisa disembuhkan.

Penyebab bell’s palsy ini banyak versinya. Namun menurut Dr. Roeslan Yusni Hasan, Sp. BS dari rumah sakit Mayapada Jakarta sebagaimana yang dilansir di Kompas, Bell’s Palsy disebabkan oleh peradangan pada sarar kranial nomor 7. Saraf ini panjang dan menikung dan melewati lorong yang disebut facialis kanalis yang terletak di dasar tulang tengkorak. Akibat dari peradangan pada bagian saraf ini menyebabkan pembengkakan sehingga terjadi perubahan pada otot wajah. Virus herpes diduga menjadi penyebab dari peradangan saraf tersebut. Menerutnya beberapa orang yang rentan terserang bell’s spasy diantaranya penderita diabetes, penderita infeksi saluran nafas serta ibu hamil.

Untuk pengobatan bell’s palsy ini sampai saat ini belum ada. Namun bagi penderita tidak perlu khawatir, karena hampir 80% penderita bell’s palsy akan sembuh dengan sendirinya. Namun demikian lama penyakit ini berbeda-beda pada setiap orang. Bagi penderita disarankan untuk memakai penutup mata agar tidak terjadi iritasi bahkan sampai terkena infeksi. Selain itu penggunaan obat antivirus dan antiradang bisa membantu proses penyembuhan bell’s spasy.

Demikianlah tadi penyebab bell’s palsy, penyakit yang menyerang rano karno. Mengingat penyakit ini tidak pandang umur maka tetaplah waspada. Yang paling penting adalah biasakan untuk hidup sehat dan mengontrol pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *