Ini Penyebab Dan Obat Tradisional Radang Tenggorokan Yang Ampuh

Author : admin Category :kesehatan March 26, 2015

Obat Tradisional Radang Tenggorokan – Rasa sakit pada tenggorokan memang sangat membuat tidak nyaman, terutama pada saat makan. Rasa sakit tersebut dikarenakan terjadi peradangan atau yang disebut dengan radang tenggorokan. Mungkin diantara anda menganggap masalah ini adalah hal yang sepele, namun jika tidak segera diatasi bisa saja berakhibat fatal. Radang tenggorkan sebenarnya adalah kondisi dimana tenggorkan terinfeksi oleh bakteri. Akibatnya tenggorokan mengalami iritasi yang menimbulkan peradangan, gatal, suara serak dan sakit ketika menelan makanan.

Ini Penyebab Dan Obat Tradisional Radang Tenggorokan Yang Ampuh

Penyebab radang tenggorokan adalah bakteri Streptococus Pyogenes yang termasuk dalam kelompok Streptokokus A. Bakteri jenis ini akan mudah menular melalui udara ketika ketika sedang bersin atau batuk-batuk. Selain itu bakteri jenis ini juga mudah menyebar melalui makanan dan minuman. Seseorang yang mengalami radang tenggorkan akan mengalami beberapa gejala seperti sulit menelan, amandel membengkak, tenggorokan sakit, bintik-bintik kecil di mulut bagian atas belakang, demam tinggi, badan terasa lelah sampai perut sakit bahkan ada yang disertai muntah. Sebenarnya untuk mengobatinya ada beberapa obat tradisional radang tenggorokan yang bisa anda manfaatkan seperti berikut ini.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

  1. Teh dan Jahe
    Cara membuatnya adalah dengan menggunakan 2 cm jahe kemudian memarkan dan rebus selama dua menit. Kemudian campur dengan air teh dan minumlah.
  2. Kunyit, Garam dan Air
    Ini juga merupakan obat tradisional radang tenggorokan yang cukup ampuh. Caranya campur 200 ml air dengan sejumput kunyit serta garam satu sendok teh. Kemudian gunakan untuk kumur 3 kali sehari.
  3. Daun Kemangi
    Rabuslah beberapa helai daun kemangi. Gunakan air rebusan untuk sekedar berkumur atau anda bisa meminumnya. Ini akan membuat tenggorokan anda menjadi lebih baik.
  4. Madu dan Lemon
    Ambil secangkir air hangat kemudian campur dengan satu sendok makan air lemon dan satu sendok makan madu. Minum campuran tersebut untuk mengobati tenggorokan secara alami. Jika tidak ada lemon, cukup dengan madu dan air saja juga bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan mengingat madu merupakan antibiotik alami.
  5. Bawang Putih
    Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang bisa membunuh bakteri. Cobalah untuk mengunyah bawang putih untuk membunuh bakteri yang menyerang tenggorokan. Meskipun rasanya tidak enak namun ini cukup efektif mengobati radang tenggorokan.
  6. Jus Belimbing
    Buah belimbing merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Jadi anda bisa membuatnya menjadi minuman jus dan kemudian diminum.

Selain beberapa obat tradisional radang tenggorokan diatas, agar sakit di tenggorokan cepat sembuh ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan diantaranya banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan hindari sementara merokok. Sekian dulu informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *