Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

Author : admin Category :kesehatan August 7, 2015

Tingkat pertumbuhan dan perkembangan seorang anak sangat tergantung terhadap kondisi kesehatannya. Sementara itu, banyak hal yang bisa mempengaruhi tingkat kesehatan anak itu sendiri. Menjaga pola makan anak dengan memberikan makanan bernutrisi tinggi jelas bisa menunjang kondisi kesehatannya. Sebaliknya, memberikan jajanan yang kurang sehat hanya akan menghambat proses pertumbuhan mereka. Dalam kondisi yang parah, maka sang anak akan lebih mudah terserang penyakit. Jenis makanan untuk pertumbuhan anak yang sangat direkomendasikan adalah yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan juga mineral. Kandungan ini hanya bisa didapatkan pada beberapa makanan tertentu, seperti susu, apel, telur, sereal, yogurt, ikan, dan sayuran.

Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

Jenis Makanan Untuk Pertumbuhan Anak

Susu
Susu merupakan sumber nutrisi terbaik untuk anak-anak. Dalam segelas susu, terdapat banyak kandungan yang membantu untuk memenuhi unsur-unsur penting dalam pertumbuhan anak. Sejumlah unsur penting itu adalah kalsium, vitamin D, kalium, dan juga beberapa unsur lainnya. Penyajian dari susu ini sendiri harus diperhatikan sesuai dengan yang tertera pada label produk. Pasalnya, takaran tersebut tidak selalu bisa diberikan pada setiap anak karena harus disesuaikan dengan usia dan menu hariannya.

Telur
Telur adalah sumber protein dan juga mengandung vitamin, mineral, dan zat besi. Sejumlah pakar kesehatan menyarankan agar penyajian telur ini dengan cara direbus dan hindari untuk menggorengnya. Banyak orang tua yang menghindari konsumsi telur pada anak-anaknya karena dianggap mengandung kolesterol. Namun sebenarnya, kadar lemak di dalam telur sangat rendah sehingga kecil kemungkinan bisa mempengaruhi kolesterol anak.

Apel
Buah apel termasuk jenis buah yang berserat tinggi dan rendah kalori sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Kandungan vitamin C buah apel tergolong tinggi dan rendah kalori (sekitar 90 kalori). Akan tetapi, penyajian buah apel ini sebaiknya tidak dengan cara dikupas. Mengupas kulit buah apel sama saja dengan membuang kandungannya seratnya. Untuk apel yang sudah dikupas, kandungan seratnya hanya tersisa sekitar 5g saja. Untuk itu, biasakan memberikan buah apel ini pada anak dengan cara menggigit kulitnya.

Yogurt
Untuk anak Anda yang tidak suka dengan susu atau memiliki alergi, maka yogurt bisa menjadi alternatif. Makanan yang satu ini sangat kaya akan kandungan kalsium sehingga sangat baik dalam mendukung terbentuknya tulang yang sehat dan kuat.

Sayuran
Makanan untuk pertumbuhan anak selanjutnya adalah sayur-sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda berikan pada sang anak, mulai dari jagung, kentang, wortel, ataupun kacang polong. Untuk menjaga kesehatan anak, wortel merupakan pilihan tepat karena kaya akan serat, potasium, dan tinggi vitamin A dan C. Perkenalkanlah anak Anda terhadap sayuran sejak dini agar kelak mereka terbiasa mengkonsumsi sayuran.

Ikan Tuna
Untuk menunjang perkembangan otak, ikan tuna adalah jawabannya. Pasalnya, ikan tuna menyediakan banyak vitamin, protein, mineral, dan yang paling utama adalah omega 3. Namun banyak orang yang khawatir untuk memberikan ikan tuna pada anak mereka dengan alasan kontaminasi merkuri. Untuk itu, cukup berikan menu ikan tuna sebanyak 2 kali seminggu, agar kontaminasi merkuri ini bisa diminimalisir.

Sereal
Memberikan satu mangkuk sereal sebagai menu sarapan anak sudah cukup membantu untuk meningkatkan kondisi kesehatannya. Sangat dianjurkan untuk memilih sereal dari gandum karena kaya serat dan kalsium. Agar tidak bosan, berikanlah sereal dengan berbagai variasi rasa pada anak-anak Anda sebagai menu hariannya.

Sebenarnya, ada banyak jenis makanan untuk pertumbuhan anak. Tapi intinya, memberikan menu 4 sehat 5 sempurna sudah sangat cukup untuk memenuhi asupan gizi anak Anda agar ia bisa tumbuh sehat dan serdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *