Ketahui Manfaat Kalsium Untuk Pertumbuhan Anak Beserta Kebutuhanya

Author : admin Category :kesehatan October 6, 2015

Manfaat Kalsium Untuk Pertumbuhan – Susu dan jenis makanan lainnya yang kaya akan kalsium merupakan hal yang wajib dimasukkan ke dalam menu diet anak-anak. Hal ini dikarenakan kalsium memiliki peranan penting di dalam menjaga pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karenanya, sangat penting untuk memenuhi asupan kalsium harian bagi anak-anak kita.

MANFAAT KALSIUM UNTUK PERTUMBUHAN ANAK

Selama masa kanak-kanak, tubuh sangat membutuhkan kalsium agar bisa membangun tulang yang kuat karena saat dewasa nantinya, kalsium di dalam tulang akan mengalami penurunan sehingga pertumbuhan tulang menghilang. Hal ini akan berlangsung seiring dengan bertambahnya usia seseorang, dan terjadi lebih cepat pada wanita.Anak perempuan yang tidak memiliki nutrisi baik, utamanya kalsium, memiliki resiko yang sangat besar untuk terkena osteporosis saat tua. Kondisi ini membuatnya rentan terhadap tulang rapuh dan patah tulang. Selain itu, bayi dan anak-anak yang kekurangan kalsium juga beresiko terkena rakhitis, penyakit tulang yang mengakibatkan bentuk kaki X atau O. Hal ini juga bisa membuat pertumbuhan tulang mereka terhambat, mudah nyeri otot, dan mudah mengalami letih.

Manfaat Kalsium Untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat Kalsium Untuk Pertumbuhan Anak

Kalsium memiliki peranan penting di dalam kontraksi otot, pelepasan hormon, dan transmisi pesan melalui saraf. Apabila kadar kalsium ini rendah, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang agar fungsi sel bisa tetap normal.Saat anak-anak mendapatkan asupan kalsium dan aktivitas fisik yang cukup selama masa pertumbuhan, maka ia akan memiliki tulang dan otot yang kuat saat dewasa nanti. Agar bisa mencapai hal ini, Institute of Medicine merekomendasikan pemberian kalsium sebagai berikut:

  • Usia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg kalsium perhari.
  • Usia 4-8 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium perhari.
  • Usia 9-18 tahun keatas membutuhkan 1.300 mg kalsium perhari.

SUMBER KALSIUM YANG BAIK

Dengan memahami manfaat kalsium untuk pertumbuhan anak, maka patut bagi Anda para orang tua untuk memperhatikan jenis makanan yang diberikan kepada mereka. Susu dan berbagai produk olahannya merupakan sumber kalsium yang terbaik. Sebahagian produk tersebut juga sudah dilengkapi dengan vitamin D yang membantu untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium bisa juga diperoleh dari makanan lainnya seperti roti, jus jeruk, dan produk kedelai.

Beberapa anak bisa saja mengalami alergi saat mengkonsumsi susu ataupun produk olahan dari susu. Untuk itu, berikanlah produk susu yang rendah laktosa atau bebas laktosa agar masalah alergi yang ditimbulkan oleh laktosa ini bisa diminimalisir.Jika sang anak ternyata alergi terhadap susu sapi, maka susu yang berbahan dasar kedelai mungkin bisa menjadi alternatif. Sementara untuk anak-anak yang lebih tua, produk yang bisa Anda berikan adalah susu beras atau kedelai.Bagi orang tua yang memiliki anak-anak vegetarian, asupan kalsium ini masih bisa diberikan melalui sayuran buncis, brokoli, kedelai, jus jeruk, dan sereal.

PEMBERIAN SUSU

Perlu dipahami bahwa bayi yang berusia di bawah 1 tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu sapi. Hal ini dikarenakan susu sapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan bayi. Pada usia 1 tahun pertama ini, berikanlah susu formula sebagai pendamping ASI. Untuk anak-anak yang sudah berusia 1-2 tahun, pemberian susu lebih bertujuan untuk membantu mereka mendapatkan lemak makanan agar pertumbuhan dan perkembangan otaknya bisa lebih optimal. Setelah melewati usia 2 tahun, maka sang anak sudah bisa beralih ke susu yang rendah lemak.

Secara umum, setiap susu mengandung kalsium yang hampir sama per porsinya. Untuk usia 2-3 tahun, pemberian susu direkomendasikan sebanyak 2 gelas perhari, usia 4-8 tahun 2 ½ gelas perhari, dan 9 tahun ke atas sebanyak 3 gelas perhari. Seseorang yang kekurangan asupan kalsium saat kecil sangat rentan terhadap serangan osteoporosis. Maka dari itu, sangat penting untuk memasukkan susu dan makanan berkalsium lainnya ke dalam diet sehari-seharinya. Semoga artikel mengenai manfaat kalsium untuk pertumbuhan anak kali ini bisa bermanfaat untuk keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *