Manfaat Buah Sirsak Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Author : admin Category :kesehatan July 14, 2014

Sirsak memiliki banyak nama di berbagai Negara, seperti zuurzak di Belanda, di Inggris disebut Soursop atau di Portugal disebut Graviola. Buah yang berwarna hijau tua ini terdiri dari 67,5 % daging buah, kulit buah sebanyak 20 %, 8,5 % biji dan sisanya sebanyak 4 % adalah inti buah. Vitamin C adalah vitamin yang paling dominan pada buah sirsak. Selain itu buah sirsak juga mengandung fosfor  sebanyak 27 mg/100 g dan kalsium sebanyak 14 mg/100 g. Kedua zat tersebut sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

buah_sirsak

Mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak bisa memenuhi kebutuhan serat sebanyak 13 %.  Kandungan serat dalam buah sirsak berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Nah jadi bagi anda yang mengalami sembelit (susah buah air besar) bisa mengkonsumsi buah sirsak untuk mengatsinya. Agar lebih enak anda bisa memakanya dengan cara di buat jus. Rasanya cukup manis dan agak asam. Selain mengobati sembelit, buah sirsak bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk mengobati berbagai penyakit :

Cara Mengobati Penyakit Dengan Buah Sirsak:

  1. Penyakit Kanker
    Daun sirsak bersifat kemoterapi, daun ini bisa membunuh sel-sel yang tidak normal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh secara normal. Jadi daun sirsak bisa digunakan untuk membantu penyembuhan pada penderita kanker. Caranya dengan merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan menggunakan 3 gelas air. Rebus hingga menyisakan 1 gelas saja dan minumlah 2 kali sehari selama dua minggu.
  2. Penyakit Ambeien
    Peraslah air buah sirsak yang sudah masak sebanyak 1 gelas. Minum air tersebut dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore.
  3. Bisul
    Tumbuklah daun sirsak yang masih muda, kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul.
  4. Anyang – anyangen
    Buah sirsak yang sudah setengah matang direbus dengan gula pasir. Kemudian disaring untuk diambil airnya, dan kemudian diminum.
  5. Eksim dan Rematik
    Tumbuklah daun sirsak sampai halus. Kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Itu tadilah beberapa manfaat buah sirsak yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk mendapatkan buah sirsak dapat ditemui di pasar, atau jika mau anda bisa menanamnya dirumah karena pohon buah sirsak sangat cocok di daerah tropis seprti di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *