10 Manfaat Buah Duku Untuk Diet Hingga Untuk Ibu Hamil

Author : admin Category :Manfaat Buah April 14, 2015

Manfaat Buah Duku Untuk Diet – Ketika musim duku telah tiba, di pinggir-pinggir jalan sering kita temui para penjual buah yang berbentuk bulat kecil dan berwarna coklat ini. Buah Duku merupakan buah di daerah Asia Tenggara dan memiliki rasa manis dan sedikit asam. Namun jika anda memakan biji yang ada didalamnya, maka akan menghasilkan rasa pahit. Banyak yang bertanya apakah buah ini memiliki khasiat untuk kesehatan manusia? Perlu anda ketahui buah duku memiliki kandungan mineral, kalsiu, fosfor, zat besi, protein, vitamin C dan E serta antioksidan. Oleh sebab itu buah ini selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga baik dikonsumsi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat tersebut.

10 Manfaat Buah Duku Untuk Diet Hingga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Duku

1. Untuk Diet
Taukah anda jika buah duku ini dapat menurunkan berat badan. Ini dikarenakan buah duku bisa membantu tubuh dalam menghasilkan carnitine. Zat inilah yang bisa mengarahkan lemak ke sebuah jaringan pembakar lemak. Apabila carnitine dalam tubuh berkurang, maka akan terjadi penimbunan lemak. Dalam buah duku juga terdapat riboflavin yang berfungsi melepas energi dari karbohidrat sehingga sangat baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Sumber Antioksidan
Beberapa kandungan vitamin dan karotenoid pada buah duku bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu vitamin B1 atau tiamin juga berfungsi untuk membantu menghasilkan sel darah merah.

3. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Salah satu penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Seperti yang dijelaskan diatas, beberapa kandungan vitamin pada buah duku dapat menangkal radikal bebas.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Duku merupakan buah dengan serat yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh per hari sampai 11%. Serat tersebut juga bisa mencegah sembelit.

5. Kesehatan Kulit
Bagi anda yang ingin tampil cantik rajinlah mengkonsumsi buah duku. Pasalnya zat polifenol yang terdapat didalamnya dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Vitamin E yang terkandung dalam buah duku juga dipercaya bisa mengahaluskan kulit, dan menjaga kulit dari sinar UV.

6. Membuat Gigi Lebih Kuat
Kandungan fosfor didalamnya juga berkhasiat untuk menguatkan gigi. Gigi menjadi lebih kuat dan sehat dengan mengkonsumsi buah yang satu ini.

7. Menjaga Stamina
Aktivitas yang berat membuat tubuh kerap dilanda stres dan capek. Dengan mengkonsumsi buah duku, stamina dan daya tahan tubuh akan lebih terjaga

8. Mengandalikan Kadar Kolesterol
Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, dengan mengkonsumsi buah duku kadar kolesterol dalam tubuh akan terjaga.

9. Mengusir Nyamuk
Tak hanya buahnya saja, kulit buah duku juga bisa kita manfaatkan yakni untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup dengan membakar kulit tersebut maka nyamuk tidak akan mendekat.

10. Mengatasi Demam
Jika ingin mengatasi demam secara alami, bisa menggunakan buah duku ini. Caranya tumbuk bijinya  sampai halus kemudian campur dengan air. Minumlah satu kali sehari.

Itulah kesepuluh manfaat buah duku untuk diet dan lainya yang perlu anda ketahui. Jadi kesimpulanya buah duku memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta baik juga dikonsumsi bagi ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *