Ini 9 Manfaat Kurma Untuk Sahur Dan Buka Puasa

Manfaat Kurma Untuk Sahur – Bagi umat muslim tinggal menghitung hari untuk memasuki bulan ramadhan. Sudahkan anda siap untuk menjalani puasa nanti? Agar badan tidak lemes, tentu harus difikirkan mulai dari sekarang terutama menu untuk sahur. Makanan yang kita konsumsi untuk sahur akan mempengarui stamina kita selama seharian. Nah untuk mengatasi tubuh yang kurang bertenaga saat puasa, kamu bisa sahur dengan mengkonsumsi buah kurma. Selain menambah stamina, kurma terbukti memperlancar pencernaan. Dan berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah sahur dengan buah kurma

Ini 9 Manfaat Kurma Untuk Sahur Dan Buka Puasa

Manfaat Kurma Untuk Sahur

1. Mencegah Sembelit
Rendamlah kurma selama semalaman kemudian gunakan airnya untuk diminum ketika sahur. Ini berfungsi untuk menjaga pencernaan supaya lancar sehingga terhindar dari sembelit yang bisa mengganggu ibadah puasamu.

2. Mencegah Diare
Kurma mengandung kalium yang berfungsi untuk mencegah diare. Konsumsilah beberapa buah kurma setelah makan ketika sahur. Selain kalium, kurma juga mangandung zat yang bisa mengatasi bakteri yang terdapat dalam usus.

3. Membuat kenyang
Kurma kaya akan serat sehingga membuatmu merasa lebih kenyang. Karena alasan inilah kurma sering dijadikan menu untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Energi
Konsumsi kurma dengan susu sebagai camilan saat sahur nanti. Dengan demikian kamu akan tetap berstamina meski tengah berpuasa.

5. Membuat konsentrasi otal lebih baik
Mengkonsumsi kurma saat sahur ataupun buka puasa akan membuat otakmu memiliki kemampuan konstrasi lebih baik. Kurma juga bisa menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stres.

6. Mencegah Anemia
Kurma adalah zat besi yang dibutuhkan tubuh terutama untuk sel darah merah. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi kurma bisa membuatmu terhindar dari anemia.

7. Mengurangi Tekanan Darah
Bagi pasien hipertensi dianjurkan mengkonsumsi 3 – 4 butir kurma saat sahur. Ini dikarenakan kemampuanya dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

8. Menetralkan Racun
Kurma bisa memperlancar detoksifikasi racun dalam sistem pencernaan.

9. Menyuplai kebutuhan nutrisi
Kurma mengandung fruktosa, vitamin A, B, C, riboflavin, asam folat, tiamin, dan berbagai mineral lain. Oleh sebab itu ketika berpuasa kebutuhan beragam nutrisi tersebut akan terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma ketika sahur.

Demikian beberapa manfaat kurma untuk sahur dan buka. Yang paling penting manfaat kurma ini adalah bisa membuatmu lebih kenyang dan lebih berstamina. Dengan demikian ibadah puasamu bisa lancar begitu juga dengan aktivitas sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *