Melakukan Yoga Secara Rutin, Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Ini

Author : admin Category :kesehatan October 5, 2014

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan – Yoga selama ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kegiatan yang terdiri dari olah tubuh, meditasi dan pernapasan mungkin dianggap sepele oleh beberapa orang. Akan tetapi jika Yoga dilakukan secara benar bisa mengurangi resiko terserang beberapa penyakit. Pasalnya aktivitas Yoga yang bisa membuat tubuh menjadi fleksibel, membuat otot lebih kencang serta bisa mengurangi stres dan cemas. Setidaknya ada 4 jenis penyakit yang bisa diminimalisir hanya dnegan melakukan Yoga secara rutin. Berikut ini keempat penyakit yang bisa disembuhkan / diminimalisir dengan Yoga.

manfaat yoga bagi kesehatan

Gangguan Ritme Jantung
Sebuah Studi di alah satu universitas ternama di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa dengan berlatih Yoga secara rutin setidaknya 1 kali dalam 2 minggu akan mengurangi frekuensi getaran Fibrillasi Atrial. Perlu anda ketahui Fibrillasi Atrial adalah sebuah kondisi dimana jantung bergetar secara tak terkendali. Akibat getaran ini meyebabkan sesak napa, pusing dan jantung berdebar-debar. Kondisi terparahnya adalah menyebabkan gagal jantung. Untuk menyembuhkanya Yoga juga harus diiringi dengan terapi medis yang matang.

Kanker Payudara
Manfaat Yoga bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mengurangi efek samping setelah atau selama terapi kanker payudara. Bagi anda wanita yang mengidap kanker payudara metastatik, maka dengan berlatih yoga akan mampu mengelola efek samping dari terapi kanker payudara tersebut seperti Radiasi dan kemoterapi. Dengan melakukan 3 jam yoga seminggu sekali bisa mengurangi kelelahan, ketidaknyamanan kondisi tubuh, mengatur kadar hormon stres serta memberi egek rileks pada pasien.

Menopause
Seseorang yang telah mengalami menopause, akan terjadi perubahan yang tidak stabil pada kadar hormon dalam tubuh sehingga menyebabkan perubahan fisik serta psikologis lainya seperti haid tidak teraturm susah tidurm lekas marah, dan penurunan hasrat seksual.  Nah dengan melakukan Yoga secara rutin, bisa mengurangi perubahan tersebut. Gerakan-gerakan Yoga seperti Padmasana, kapalbhati, tadaasana, pose pohon dan memutar tulang punggung juga sangat bermanfaat bagi wanita menopause.

Penyakit Liver
Lincer adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat vital. Liver berfungsi untuk meyimpan nutrisi, vitamin, mineral yang diproses dari bahan kimia. Selain itu liver juga berfungsi membuang racun dari dalam tubuh. Latihan Yoga bermanfaat untuk menjaga fungsi liver tersebut. Jika anda mengidap penyakit liver, maka latihan yoga yang tepat adalah latihan pernafasan yang diiringi minum air putih setelahnya agar sisa zat racun terbuang.

Nah itulah tadi beberapa manfaat Yoga bagi kesehatan, khususnya untuk mengurangi resiko beberapa penyakit. Jadi mulailah hidup sehat dari sekarang dengan melakukan Yoga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *