Menu Sahur Yang Sehat Dan Tidak Mudah Lapar Di Bulan Ramadhan

Menu Sahur Yang Sehat  – Agar tidak mudah lapar dan tubuh tetap fit selama bulan puasa, maka anda harus memilih menu sahur yang tepat. Meski waktu sahur adalah dipagi buta, bukan membuat anda menyantap makanan-makanan siap saji yang praktis. Sebab menu sahur ini sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh anda sepanjang hari. Selama puasa, tubuh haruslah memiliki nutrisi yang cukup hingga waktu buka telah tiba. Selain itu pemilihan menu sahur yang tepat akan membuat anda tidak mudah lapar. Apa saja makanan itu? berikut ulasan selengkapnya sebagaimana yang dilansir dari Pesona.

Menu Sahur Yang Sehat Dan Tidak Mudah Lapar Di Bulan Ramadhan
Menu Sahur Yang Sehat

Menu Sahur Yang Sehat Dan Agar Tidak Mudah Lapar

  1. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh sebab itu mulailah sahur anda dengans egelas air putih.
  2. Zat besi dalam tubuh juga menurun selama berpuasa karena sel darah merah dalam tubuh berkurang. Hal tersebut membuat tubuh terasa lemas dan mengantuk. Untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, karena akan mengontrol hemoglobin dalam tubuh, Jus tanpa gula bisa anda konsumsi saat sahur.
  3. Sebaiknya pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan nasi merah karena membuat gula darah menjadi stabil. Selain itu kurangi makanan atau minuman yang manis, karena justru akan membuat anda cepat lapar. Hal ini dikarenakan makanan dengan gula yang tinggi membaut tubuh melepaskan insulin secara cepat yang membuat tubuh meminta asupan energi baru. Oleh sebab itulah anda akan merasa mudah lapar. Jika ingin yang manis, pilihlah yang bukan berasal dari gula pasir seperti madu.
  4. Sebagai lauknya, anda bisa memilih yang mendandung protein tinggi seperti tempe, daging, ikan, tahu, atau kacang-kacangan. Supaya menu sahur anda lebih variatif dan tidak membosankan anda bisa berkreasi dengan menu sahur yang ada. Misalnya saja dengan roti gandum dan telur rebs, brokoli rebus dengan ikan tuna, kentang panggang dengan brokoli dan lainya.
  5. Hindari juga makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sebab makakanan yang digoreng akan mengurangi ikatan oksigen sampai 20 persen.
  6. Lengkapi sahur anda dengan makanan yang kaya akan potassium dan magnesium yang terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, pisang dan kacang almond. Makanan dengan kandungan magnesium tinggi akan membuat tubuh memproduksi energi yang bermanfaat tubuh selama beraktivitas sehari penuh.

Nah itulah tadi menu sahur yang sehat dan agar tidak mudah lapar yang bisa anda pilih selama berpuasa di bulan Ramadhan kali ini. So, mulailah untuk memperhatikan menu sahur anda mulai dari sekarang karena akan menentukan kualitas puasa anda. Pemilihan menu sahur yang tepat akan membuat tubuh fit sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *