Perhatikan Ciri-Ciri Penyakit Ebola Berikut Ini

Author : admin Category :kesehatan November 5, 2014

Ciri-Ciri Penyakit Ebola – Virus Ebola beberapa waktu belakangan ini menjadi isu dunia yang cukup mengkhawatirkan. Sudah banyak kematian yang diakibatkan oleh virus ebola. Beberapa negara telah melakukan penanganan yang intensif, mengingat virus ebola mudah menyebar dengan cepat. Di Indonesia sendiri, seminggu terakhir ini pemberitaan penyakit ebola cukup gempar. Hal ini lantaran ada seorang pasien yang dikhawatirkan mengidap virus mematikan tersebut. Pasien yang baru saja kembali dari luar negeri ini, diduga terpapar oleh virus ebola. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan kebenaranya. Tjandra Yoga Aditama selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan juga turut angkat bicara terkait masalah tersebut. Menurutnya pasien yang datang dari negara yang sudah terjangkit ebola tersebut meski terindikasi mengalami demam, belum tentu penyebabnya adalah virus ebola. Masyarakat diminta untuk waspada dan hati-hati saja.

ciri-ciri penyakit ebola

Tjandra juga menuturkan setidaknya ada 4 ciri-ciri penyakit ebola yang bisa menandakan seseorang terjangkit virus tersebut atau tidak. Ebola sendiri merupakan sejenenis virus genus ebolavirus dari familia Filoviridae. Virus ini bisa menular dengan mudah melalui kontak langsung baik dari cairan atau hanya dari kulit. Virus ini sangat diwaspadai karena merupakan virus mematikan. Seorang yang sudah terjangkit ebola maka kesempatan untuk hidup adalah 0%. Sejauh ini sudah dikembangkan vaksin untuk virus ini. Vaksin tersebut sudah terbukti efektif 100% untuk monyet, sedangkan untuk manusia masih dalam tahap pengembangan. Nah menurut Tjandra ada 4 gejala atau ciri-ciri seseorang mengidap penyakit ebola diantaranya:

  1. Demam yang diikuti muntah, mual serta diare.
  2. Nyeri otot yang dahsyat
  3. Gangguan pada saluran pencernaan
  4. Manifestasi perdarahan

Nah jika anda menjumpai seseorang dengan ciri-ciri penyakit ebola diatas, sebaiknya hati-hati dan segera dibawa ke rumah sakit. Sampai sejau ini sudah tercatat sedikitnya 13.703 orang di berbagai negara yang sudah terjangkit penyakit ebola. Penyakit tersebut mewabah di kawasan afrika barat seperti di sierra leone, Liberia, dan Guiena. Selain itu di Spanyol juga tercatat ada dua pasien penderita ebola dan di Amerika Serikat 1 pasien. Di Indonesia sendiri ada satu pasien yang dirawat di RSUD Dokter Soedono, Madiun, Jawa Timur yang dicurigai terjangkit penyakit ebola. Pasien berusia 29 tahun tersebut baru saja datang dari Liberia sebagai TKI. Saat datang ia mengalami demam tinggi, penurunan trombosit serta mengalami gangguan pada fungsi ginjal. Sebelumnya pasien tersebut ditetapkan positif mengalami malaria. Namun karena pasien tersebut datang dari negara yang terjangkit virus ebola dan mengalami demam, pihak RSUD Dokter Soedono menetapkan sebagai terduga terjangkit ebola. Untuk memastikanya pihaknya masih menunggu hasilnya 3 hari kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *