Perhatikan Gejala Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa Dan Anak Berikut Ini

Author : admin Category :kesehatan March 28, 2015

Gejala Penyakit Meningitis – Olga Syahputra telah menghembuskan nafas terakhirnya pada jumat 27 maret 2015. Komedian kondang tersebut selain diduga mengidap kanker kelenjar getah bening juga mengidap meningitis. Kepergian olga tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat, teman dan fans yang ditinggalkan. Bahkan di media sosial twitter tagar #RIPOlga menjadi trending topic. Perlu diketahui penyakit meningitis merupakan radang selaput otak. Penderita meningitis akan mengalami peradangan pada lapisan selaput pelindung dari jaringan otak serta sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis sendiri ada dua jenis yakni meningitis viral dan meningitis bakteri. Mengingat penyakit ini sangat berbahaya, tentu kita harus waspada. Lantas apa saja gejala atau tanda-tanda seseorang mengidap meningitis?

Perhatikan Gejala Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa Dan Anak Berikut Ini

Sebelumnya, perlu kita ketahui bersama bahwa penyebab penyakit meningitis ini diantaranya luka fisik, kanker, mikroorganisme, jamur hingga obat-obatan tertentu yang dikonsumsi. Seperti yang dimuat di situs bidanku.com, pada dasarnya meningitis yang disebabkan oleh virus yang tidak berbahaya akan pulih dengan sendirinya. Akan tetapi jika penyebabnya adalah bakteri maka bisa mengakibatkan kondisi serius seperti  kemampuan mendengar berkurang, kerusakan pada otak, kemampuan belajar hilang bahkan sampai kematian. Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh jamur jarang terjadi. Biasanya meningitis jenis ini menyerang seseorang yang mengalami kerusakan sistem imun seperti penderita AIDS.

Gejala Penyakit Meningitis Bakterialis Pada Orang Dewasa

  1. Nyeri pada persendian
  2. tangan dan kaki terasa dingin bahkan sampai menggigil
  3. kulit menjadi pucat dan muncul bintik-bintik merah yang menyebar
  4. Bibir tampak biru
  5. Demam tinggi

Apabila anda mengalami gejala-gejala diatas, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter atau langsung periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Gejala awal meningitis mirip dengan penyakit lain seperti sakit kepala, badan tidak enak dan muntah-muntah. Jika meningitis bakterialis ini sudah semakin parah akan menimbulkan beberapa gejala seperti berikut

  1. Nafas menjadi cepat
  2. rasa ngantuk berlebihan
  3. bingung
  4. leher menjadi kaku
  5. Timbul ruam merah terang
  6. sensitif terhada cahaya atau fotofobia
  7. kejang-kejang

Gejala Penyakit Meningitis Pada Anak Kecil Dan Bayi

  1. Terus menangis tanpa alasan
  2. mudah marah dan biasanya tidak mau digendong
  3. Selera makan hilang
  4. muntah-muntah
  5. muncul bintik-bintik merah dan pucat
  6. rasa kantuk berlebihan
  7. tidak responsif
  8. pergerakan menjadi kaku
  9. tatapan kosong

Perlu diingat gejala penyakit meningitis pada setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi sebagian besar akan mengalami gejala-gejala seperti diatas. Untuk meningitis yang disebabkan oleh virus biasanya akan disertai dengan demam, diare, sakit kepala, mual, nyeri, dan mata tidak sensitif. Apabila anda atau saudara anda mengalami gejala-gejala diatas segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan tindak lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *